Benarkah Jika Puasa Qada Digabung Dengan Puasa Sunnah Pahalanya Dobel? Begini Penjelasannya

0
1328
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Selain ibadah yang wajib, kaum Muslimin juga dianjutkan untuk menjalankan atau menunaikan ibadah sunah. Salah satu dari keutamaan ibadah ini dapat menyempurnakan amalan yang bersifat wajib. Selain ibadah shalat yang sunnah, juga ada ibadah yang sunah yakni puasa.

 

Misalnya puasa Senin & Kamis yang memiliki banyak keutamaan, Dimana dalam sebuah haditsnya  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

 

”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” [ HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’]

 

Lalu, bolehkah Puasa Qada digabung dengan puasa Sunah ? Benarkah jika Puasa Qada digabung dengan Puasa Sunnah pahalanya dobel? Mana yang harus didahulukan, Puasa Qada atau Puasa Sunnah dulu?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .