Mimpi Basah Tapi Tidak Keluar Mani, Apakah Harus Mandi Wajib? Begini Penjelasannya

0
1799
Seorang pria sedang tidur ( ilustrasi foto: freepik )

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam psikologi perkembangan dikenal apa yang disebut dengan mimpi basah. Mimpi basah adalah kondisi orgasme spontan pada saat tidur yang dapat dialami seorang pria usia pubertas.

Umumnya, pada mimpi basah, baik pria dan wanita akan secara tidak sadar mengeluarkan air mani sebagai puncak orgasme spontan. Namun tentu saja hal itu jelas berbeda dengan hubungan seksual.

Sebab, air mani yang keluar saat mimpi basah terjadi di luar kesengajaan manusia atau terjadi dalam kondisi tidak sadar ( sedang tidur, dalam mimpi).

Dalam Islam, mimpi basah sering diartikan sebagai ihtilam. Pengambilan kata ihtilam berasal dari salah satu hadis sahih yang diriwayatkan tujuh sahabat, yaitu Aisyah, Abu Qatadah, Ali, Umar ibn Khathtab, Ibn Abbas, Sidad ibn Aus, dan Tsauban.

Berikut adalah hadis yang menjelaskan definisi mimpi basah dalam Islam, sebagai sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاَثَةٍ عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنِ الصَّبِىِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

Artinya: “Pena Tuhan diangkat dari tiga perkara, dari orang yang tidur sampai terbangunnya, dari anak sampai mimpi basah (yahtalima, ihtilam), dan dari orang gila sampai masa sembuhnya.”

Hadits ini diriwayatkan oleh tujuh sahabat utama, Ummul Mukminin ‘Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq, Abu Qatadah, ‘Ali bin Abu Thalib, ‘Umar bin Khaththab, ‘Abdullah bin ‘Abbas, Sidad bin Aus, dan Tsauban.

Maka dari itu, arti mimpi basah dalam Islam sering terjadi pada anak laki-laki yang mengalami fase pubertas. Namun mimpi basah juga bisa dialami oleh pria atau wanita dewasa, bahkan dialami juga bagi mereka yang sudah menikah.

Lalu, apa hukum mengalami mimpi basah? Bagaimana cara memastikan apakah keluar mani atau tidak ? Jika mimpi basah tapi tidak keluar cairan (air mani), apakah haruskan mandi junub juga? Jika iya, maka cara mandi junub / mandi besar sama dengan mandi junub karena hubungan suami istri?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .