Shalat Masbuk Ketika Imam Tahiyat Akhir, Bagaimana Posisi Duduknya? Ini Yang Harus Dipahami Makmum

0
3072
Shalat berjamaah ( ilustrasi foto: freepik )

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu keutamaan shalat berjamaah khususnya di masjid adalah terkait dengan pahala yang ia dapatkan. Dimana pahala shalat berjamaah adalah hingga 27 derajat dibandingkan shalat sendirian.

Hal ini sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dalam sebuah hadits beliau bersabda,

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Shalat berjamaah melampaui shalat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)

Namun dalam praktiknya kita tidak bisa selalu datang ke masjid lebih awal dan shalat berjamaah di awal waktu. Ada kalanya kita datang terlambat dan tertinggal shalat berjamaah atau menjadi makmum masbuk.

Disebut makmum masbuk karena keterlambatan atau seseorang yang baru bergabung melakukan sholat berjamaah saat imam sudah memulai shalat.

Terkait dengan batasan menjadi makmum yang dianggap masbuk,ada perbedaan pendapat dikalangan ulama. Sebagian ulama berpendapat bahwa seseorang dikatakan masbuk ketika ia bergabung shalat berjamaah ketika imam sudah rukuk, atau sebelum namun tidak memungkinkan lagi untuk membaca Al-Fatihah. Maka dari itu, orang tersebut perlu mengganti rakaat yang tertinggal.

Ketika seseorang termasuk dalam makmum masbuk, maka ia wajib mengganti jumlah rakaat yang sudah tertinggal. Makmum masbuk harus memperhatikan hal-hal terkait niat shalat, bacaan sholat, hingga kepada siapa ia akan melanjutkan berimam jika masih ada jemaah masbuk lainnya.

Lalu, apa saja kriteria seorang makmum dianggap masbuk? Ketika imam tahiyat akhir, bagaimana posisi duduk kita? Apakah pahala makmum yang masbuk masih dianggap shalat berjamaah?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

947

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .