Kriteria Hidup Bahagia Di Dunia, Ini Yang Harus Kita Pahami

0
1197
Muslimah Berdoa ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Bisa dipastikan bahwa semua yang meyakini kehidupan akhirat ingin agar mendapatkan kebahagia di dunia hingga akhirat nanti. Bagi seorang muslim, hal ini bisa dilihat dari doa yang setiap hari dipanjatkan kepada Allah Ta’ala,

 

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

  “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka” ( QS. Al Baqarah [2]: 201)

 

 

Doa kebahagiaan dunia akhirat di atas sering juga disebut dengan “doa sapu jagad” atau “doa kebaikan dunia akhirat” karena memang sifatnya yang memohon kebaikan pada kehidupan saat ini dan kehidupan yang berikutnya.

 

 

Kebahagiaan adalah sesuatu yang selalu dicari dan didambakan oleh manusia. Namun tidak jarang manusia salah melangkah, salah memilih jalan, ataupun salah dalam memimpikan kebahagiaan. Maka tidak sedikit yang istilahnya menghalalkan segara untuk meraih kebahagian tersebut.

 

 

Ia akan mengorbankan tenaga, pikiran, waktu bahkan harta yang telah didapat pun ia tukar untuk mendapatkan kebahagian dunia tersebut. Tentu hal ini tidak salah asalkan kebahagian tersebut sesuai dengan prinsip syariat Islam yang telah Allah Ta’ala tetapkan dan Rasulullah ajarkan.

 

 

Demikian juga kadang orang merasakan telah mendapatkan kebahagian dengan segala kenikmatan dan fasilitas dunia, harta yang berlimpah, tempat tinggal yang mewah, kendaraan model terbaru dan sebagainya. Ia tidak merasa kesusahan setiap harinya bahkan melewatinya dengan pesta dari satu tempat ke tempat lainnya.

 

Lalu apakah demikian itu kebahagian hidup di dunia itu? Apa saja kriteria Bahagia hidup di dunia yang hakiki? Apakah jika kita tidak mendapat Bahagia di dunia, masih ada harapan Bahagia di akhirat? Bagaimana menaknai hidup Bahagia yang dicontohkan Rasulullah ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

963

 

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .