Zakat Ketika Menjual Rumah, Begini Ketentuannya

0
829
Rumah tinggal ( Ilustrasi foto: istimewa )

PERCIKANIMAN.ID –  –  Zakat dalam rukun Islam menempati posisi yang ke -3 atau ke-4 sehingga dapat dipahami pentingnya menunaikan ibadah ini. Zakat merupakan sebuah kewajiban yang harus dikeluarkan sesuai dengan jenisnya, haul dan nishabnya. Banyak ayat Al Quran yang mengaitkan antara ibadah shalat dan zakat, misalnya

 

(43) وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

 

Dan tegakkanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk”. ( QS. Al-Baqarah [2]: 43)

 

(110)………..وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ

“Dan tegakkanlah shalat dan tunaikanlah zakat………..” ( QS. Al-Baqarah [2]: 110)

 

 

(5) وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

 

Padahal mereka hanya diperintah untuk menyembah Allah dengan ikhlas menjalankan ketaatan kepada-Nya dalam beragama, dan juga agar menegakkan shalat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)” ( QS. Al-Bayyinah: 5)

 

Dan masih banyak lagi ayat lainnya, ini bisa dipahami betapa pentingnya zakat dalam kehidupan seorang musliam sehingga perintah shalat berbarengan dengan perintah menuaikan zakat. Zakat sendiri terbagi dua yaitu zakat fitrah yang dikeluarkan setiap sebelum Idul Fitri dan zakat mal atau zakat harta yang dikeluarkan setiap tahun.

 

 

Zakal mal sendiri terbagi lagi menjadi beberapa kategori seperti zakat profesi/zakat penghasilan, zakat perniagaan, zakat tabungan, dan zakat lainnya. Zakat mal merupakan zakat yang berhubungan erat dengan harta yang kita punya. Sebagian besar, suatu harta yang kita dapat harus dizakati seperti zakat emas atau zakat tabungan, lalu bagaimana dengan rumah tinggal kita atau ketika menjual rumah?

 

 

Lalu adakah zakat jual rumah? Jika ada, berapa yang harus dibayarkan? Apakah ada bedanya antara juala rumah pribadai dan profesi jual beli rumah atau broker property? Bagaimana cara menghitungnya?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

925

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .