Persamaan Jin dan Manusia, 6 Hal Ini Yang Dijelaskan Al Quran

0
951
Jin dan Manusia mempunyai alam yang berbeda ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu tanda orang yang beriman adalah ia percaya pada hal yang ghaib baik alam maupun makhluknya. Dalam Al Quran sangat jelas disebutkan akan hal ini.

(3) الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

”(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” ( QS.Al Baqarah [2]: 3)

Diantaranya adalah keberadaan jin dan dunianya.  Jin adalah salah satu bentuk keghaiban yang kita yakini keberadaannya karena ini salah satu satu dari keimanan yakni percaya kepada yang ghaib. Menerangkan sesuatu yang ghaib tentu bisa dengan kacamata indrawi atau berdasarkan data empirik melainkan dengan keimanan yang berdasarkan pada penjelasan Al Quran dan hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

 

Terkait dengan makhluk Jin ini apa yang dapat kita jelaskan hanya berdasarkan pada Al Quran dan hadits saja khususnya adanya unsur kesamaan dan tentu saja ada perbedaan.

 

Berdasarkan penjelasan Al Quran maupun hadits maka manusia dan jin adalah makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala. yang memiliki sejumlah persamaan dengan manusia. Seperti dikuti dari ”Menelanjangi Strategi JIN” karya Dr.Aam Amirudin,M.Si  berikut ini diantara persamaan jin dan manusia:

 

  1. Diciptakan untuk mengabdi pada Allah.

 

(56) وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Q.S. Adz-Dzaariyat [51]: 56).

 

Manusia dan jin bertugas untuk mangabdi pada Allah. Mereka memiliki sejumlah kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai perwujudan dalam pengabdian kepada-Nya.

 

  1. Memiliki kemampuan berpikir.

 

Suatu waktu Rasulullah Saw. membaca Al Quran, lalu datanglah sekelompok jin mendengarkannya. Selesai menyimak bacaan Rasul, para jin itu menyimpulkan apa yang disimaknya. Mereka berkata,

 

 (1) إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا………..

(2) يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا

Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan, yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorang pun dengan Tuhan kami.” (Q.S. Jin [72]:1-2)

Ayat ini mengisyaratkan bahwa jin mampu berpikir. Tanpa kemampuan berpikir, tidak mungkin mereka bisa mengambil kesimpulan. Bukankah berpikir adalah proses pengambilan kesimpulan.

 

  1. Ada yang shaleh dan ada pula yang kufur.

 

Sama halnya dengan manusia, jin ada yang shaleh ada pula yang kufur, ada yang taat dan ada juga yang membangkang.

 

(11) وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا

“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada pula yang tidak saleh. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (Q.S. Jin [72]: 11).

 

Ayat ini menegaskan bahwa jin menempuh jalan yang berbeda-beda; ada yang menempuh jalan kebanaran, ada juga yang mengambil jalan kesesatan.

 

  1. Mendapatkan imbalan dan sanksi.

 

Konsekuensi kesalehan adalah imbalan surga dan akibat pembangkangan adalah sanksi neraka. Jin ada yang masuk neraka ada pula yang masuk surga, sama seperti manusia.

 

(15) وَأَمَّا الْقَاسِطُونَ فَكَانُوا لِجَهَنَّمَ حَطَبًا

(16) وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا

“Adapun yang menyimpang dari kebenaran, mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahannam. Dan jika mereka tetap berjalan lurus di atas jalan Islam, benar-benar kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (kenikmatan).” (Q.S.Al Jin [72]: 15-16).

 

Ayat ini menegaskan bahwa ada jin yang mendapatkan sanksi azab neraka, dan ada pula yang mendapatkan imbalan kenikmatan.

 

  1. Mengenal gender.

 

Manusia mengenal jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hal ini terjadi juga pada dunia jin; diantara mereka ada laki-laki dan ada juga perempuan. Perhatikan ayat berikut.

 

(6) وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (Q.S. Al Jin [72]: 6).

 

Secara eksplisit ayat ini menyebutkan jenis kelamin jin yaitu laki-laki. Kalau ada jin laki-laki, berarti ada jin perempuan.

 

  1. Berketurunan (Beranak pinak)

Apabila jin itu mengenal gender (jenis kelamin), maka mereka pun memiliki hasrat biologis dan berketurunan.

(50) أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا……..

“……….Patutkah kamu mengambil iblis (jin yang durhaka) dan keturunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti Allah bagi orang-orang yang zalim.” (Q.S.Al Kahfi [18] : 50).

Kata “dan keturunannya” pada ayat ini menegaskan bahwa jin itu berketurunan seperti manusia.

 

  1. Membutuhkan makanan.

Abu Hurairah r.a., pernah membawakan bejana berisi air wudhu kepada Nabi saw. Tatkala ia mengantarkan bejana itu, Nabi saw bertanya,

 

Siapakah Anda?” Ia menjawab, “Aku adalah Abu Hurairah.” Nabi saw berkata, “Carikan aku beberapa batu, akan aku pergunakan untuk beristinja (bersuci), dan janganlah kau bawakan aku tulang dan kotoran binatang.” Lalu aku bawakan beberapa batu yang kubawa dalam kainku hingga kuletakkan didekatnya, kemudian aku berpaling. Setelah beliau selesai, aku pun berjalan bersamanya lalu aku bertanya, “Mengapa tulang dan kotoran binatang tidak boleh digunakan bersuci?” Nabi saw menjelaskan, “Kedua benda itu adalah makanan jin.” (H.R. Bukhari).

 

Hadis ini menegaskan bahwa jin membutuhkan makanan, diantaranya adalah tulang. Tentu saja kita tidak bisa menjelaskan bagaimana tulang bisa menjadi makanan, kemudian apa kandungan gizinya dan sebagainya.

 

Itulah sejumlah persamaan antara jin dan manusia dan pastinya tentu ada perbedaannya. Untuk membahas atau mendapat penjelasan lebih rinci dan jelas Anda bisa membaca buku yang saya tulis yang berjudul ”Menelanjangi Strategi JIN” karya Dr.Aam Amirudin,M.Si . Wallahu’alam. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

935