Perbedaan Dalam Pemahaman Qunut, Ini Yang Harus Kita Ketahui  

0
847
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu shalat yang begitu berat untuk dilakukan bagi sebagian besar kaum Muslim, adalah Shalat Subuh berjamaah. Namun walaupun berat untuk melaksanakannya, Shalat Subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa bagi ibadah kita. Shalat yang agung ini benar-benar memiliki daya tarik, karena kedudukannya dalam Islam dan nilainya yang tinggi dalam syariat. Dalam Al Quran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

 

(78) أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan ( dirikanlah pula Shalat Subuh ). Sesungguhnya Shalat Fajar (Subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

Banyak sekali hadits yang mendorong untuk melaksanakan Shalat Subuh dan menyanjung mereka yang menjaganya untuk mengetahui secara rinci bagaimana fadilah-fadilah dan kemuliaan Shalat Subuh. Dalam hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda,

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah).

Menurut ulama hadits bahwa yang dimaksud dengan “waktu paginya” adalah mereka yang Shalat Subuh berjamaah berpeluang untuk mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam telah mendokan kepada umatnya agar mendapat berkah ketika melakukan aktivitas pagi, terlebih aktivitas wajib dan juga dilaksanakan berjamaah seperti Shalat Subuh.

Dalam masyakat khususnya di Indonesia, dalam melaksanakan Shalat Subuh di masjid ada yang membaca qunut namun ada yang tidak. Ini masih kerap menjadi perbincangan hangat dikalangan jamaah sendiri, sebab ada yang qunut dan ada yang tidak qunut.

 

Lalu, bagaimana hukum membaca qunut sendiri apakah diajarkan Rasul? Kalau tidak membaca qunut, apakah shalat Subuh nya sah atau tidak ? Jika ada seorang imam shalat Subuh tidak melakukan qunut tapi ia dipaksa menunggu makmum yang sedang qunut atau imam qunut namun makmum tidak qunut, sebaiknya bagaimana?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087722319792 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .