Berdoa Sambil Menangis Lebih Mudah Terkabul ? Begini Penjelasannya

0
1088
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Bagi seorang muslim aktivitas berdoa merupakan bagian dari ibadah yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian. Sebagai bagian dari ibadah maka berdoa pun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan.

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa syarat diterimanya amal ibadah adalah ikhlas dan ittiba’ (melaksanakannya sesuai petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam). Maka selanjutnya penting bagi kita untuk melaksanakan amal ibadah baik shalat maupun dalam berdoa dilakukan secara khusyuk,

 

Kata khusyuk beberapa kali disebut dalam ayat Al-Qur’an, di antaranya adalah firman Allah Ta’ala,

وَيَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ يَبْكُوْنَ وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا ۩

“Dan mereka menyungkurkan wajah ( sujud/berdoa) sambil menangis dan mereka bertambah khusyu” (QS. Al-Isra’: 109).

 

Maka dengan demikian hendaknya dalam berdoa pun dilakukan dengan sungguh-sungguh, serius atau khusyuk. Selain itu harus dibarengi dengan penuh keyakinan bahwa doa kita akan Allah Ta’ala kabulkan.

 

Lalu, benarkah berdoa sambil nangis itu katanya lebih baik dan mudah dikabulkan Allah? Bagaimana jika sulit atau susah menangis saat berdoa berarti hatinya sedang sakit? Seperti apa doa dan cara berdoa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasul ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087722319792 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .