Apakah Lingkungan Sekolah yang Tidak Sehat Picu Perilaku Bullying? Begini Penjelasan Ahli

0
679
ilustrasi foto: media indonesia

PERCIKANIMAN.ID – – Media sosial dihebohkan dengan berita tentang tindakan bullying atau perundungan di kalangan pelajar. Hal itu membuat sang pelajar mengalami luka serius.

 

Kondisi seperti ini tentu saja sangat mengkhawatirkan dan mencoreng dunia pendidikan di Tanah Air. Perlu diketahui, perilaku bullying sendiri terjadi karena berbagai faktor.

 

Saat ini banyak guru memilih memberikan hukuman kepada muridnya dengan kekerasan fisik maupun verbal yang ternyata berdampak juga pada murid.

 

Lantas apakah lingkungan sekolah yang tidak sehat bisa juga menjadi pemicunya?

 

Terkait hal tersebut, Pengamat Pendidikan, Itje Chodidjah mengatakan bahwa lingkungan sekolah ternyata berpengaruh pada perilaku yang dilakukan oleh seorang murid.

 

“Jadi kalau bicara sehat itu bicara sehat secara lahir dan batin. Anak-anak berada di lingkungan yang melindungi mereka, yang membuat mereka merasa aman dan nyaman atau tidak,” ujar Itje dikutip dari okezone.com, Rabu (4/10/2023).

 

Menurut Itje, ketika sekolah sendiri merupakan wilayah yang tidak membuat anak-anak merasa aman dan nyaman maka disitulah akan muncul bibit-bibit bullying. Karena anak-anak mencari pelarian apa yang membuat mereka merasa nyaman di sekolah.

 

“Ketika yang dilihat di sekolahnya adalah pukulan dan diperbolehkan, melakukan hal-hal yang tidak tepat, membuat orang lain sengsara nggak apa-apa, itu yang dilihat anak-anak sesuatu yang benar, jadi mereka akan meniru,” tuturnya. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

904