Cara Berbakti Pada Orangtua Non Muslim Yang Sudah Wafat, Ini Yang Harus Dipahami

0
1863
Ziarah kubur ( ilustrasi foto: freepik )

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap kita yang dilahirkan ke dunia ini bisa dipastikan memiliki orang tua ( kecuali Nabi Adam , Siti Hawa dan Nabi Isa yang hanya memiliki ibu saja). Oleh karena itu berbuat baik dan berbakti kepada orang tua sudah semestinya dilakukan seorang anak.

Keutamaan berbakti kepada orang tua bahwa menghormati dan memuliakan keduanya merupakan hal yang penting dilakukan. Sebab, orang tua lah yang telah melahirkan seorang anak ke dunia ini, mengasuh dan membesarkannya. Kemudian mendidik dan membimbingnya sehingga sang anak faham ilmu pengetahuan dan pandai secara intelektual.

Dalam Al Qur’an, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menempatkan kalimat kedua orang tua (walidain) setelah kata perintah keesaan kepada Allah, seperti dijelaskan dalam Quran surat Luqman ayat 14.

(14) وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman [31]: Ayat 14).

Hari ini bisa jadi diantara kita masih sebagai anak, namun suatu saat kelak juga akan menjadi orang tua. Atau pun saat ini kita sebagai anak juga sekaligus orang tua. Untuk itu sebagai orang tua kita harus mendidik anak-anak untuk senantiasa berbakti kepada orang tua.

Lalu, bagaimana cara kita berbakti kepada orang tua? Bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal? Bagaimana jika orangtua tersebut non muslim? Apakah berdoa saja cukup dianggap berbakti pada orang tua ?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .