Bolehkah Membatalkan Shalat Saat Ada Kucing Yang Mengganggu?

0
1328
Muslimah sedang shalat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu ciri shalat yang berkualitas adalah dilakukan dengan khusyuk. Khusyu’ dalam pengertian bahasa artinya tunduk jiwa dan raga kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Khusyu menurut syafi’iyah adalah seseorang membebaskan dirinya dari beban-beban kerja dan hatinya bebas dari berbagai hal yang sifatnya duniawi, dapat ditandai secara fisik mata (tatapan) ke tempat sujud.

Sementara Imam Hanafiah berkata mata seseorang ke tempat sujud bila berdiri, ke jari kaki bila ruku dan melihat batang hidung bila sujud. Untuk itu dalam mempertahankan khusyuk dalam sebagaian orang melakukannya dengan berbagai cara, misalnya ada yang melihat ke langit dan ada yang menutup matanya.

Dalam Al Quran sendiri Allah Ta’ala sudah menjelaskan tentang keutamaan orang khusyuk dalam shalatnya. Misalnya dalam  Surat Al-Mu’minun ayat 1 dan 2,

(1-2) قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ. الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ

 

Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya,” ( QS. Al-Mu’minun: 1-2)

 

Keberuntungan lainnya dari orang yang bershalat dengan khusyuk adalah sebagai pewaris surga.

 

“Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,  (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. “ ( QS.Al-Mu’minun: 10 -11)

 

Untuk itu hendaknya shalat dengan khusyuk tersebut diusahakan dengan sungguh-sungguh dengan mempersiapkan segala hal yang dapat mendukung pelaksanaan shalat dengan khusyuk termasuk sebelum shalat.

 

Lalu, bagaimana jika saat shalat tiba-tiba ada kucing yang dapat merusak makanan? Apakah boleh membatalkan shalat tersebut? Hal apa saja yang dapat atau boleh kita membatalkan shalat? Bolehkah shalat ditempat gelap agar bisa khusyuk?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .