Momen Ramadhan, Gubernur Jawa Barat Buka Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar

0
371
Gubernur Jawa Barat resmikan Galeri Rasulullah di Komplek Masjid Al Jabbar ( foto: ig masjid al jabbar )

PERCIKANIMAN.ID – –  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya resmikan Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar, Senin (27/3/2023). Galeri yang berlokasi di lantai satu Masjid Raya Al Jabbar diJl.Cimincrang no.14, Cimenarang Kec.Gedebage Kota Bandung sementara terbuka untuk umum secara gratis.

Di galeri ini, pengunjung akan mendapat informasi tentang sejarah Islam dan kenabian. Saat ini, Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar masih dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, nantinya galeri seluas 3.000 meter persegi ini akan dikenakan biaya masuk, mengingat kapasitas ruangan yang terbatas.

‘’Mulai dibuka Kamis pekan ini, dan sekarang masih digratiskan sampai satu atau dua bulan ke depan,’’ ujarnya.

Ke depannya, Pengelolaan Galeri Rasulullah akan melibatkan pihak ketiga agar berjalan secara profesional. Meski begitu, untuk biaya tikatnya akan ditekan agar terjangkau oleh masyarakat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, sistem pembayaran akan sepenuhnya mengandalkan teknologi digital berbasis aplikasi. Ada pula subsidi atau diskon yang akan diberikan kepada sejumlah kelompok masyarakat prioritas, seperti anak sekolah, lansia, dan disabilitas.

Selain Galeri Rasulullah, Pemprov Jabar juga tengah membangun sentra pedagang kaki lima (PKL) yang nantinya akan dinamakan Bazar Al Jabbar. Pusat transaksi jual beli tersebut, kata Emil, diharapkan dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif dan tertib di sekitar masjid seluas 25 hektare tersebut. Intinya, mari kita syukuri keberadaan masjid raya Al Jabbar ini, karena menjadi fasilitas yang lengkap, berdiri di atas lahan seluas 25 hektare.

Bagi wargi yang akan berkunjung, bisa pesan tiket masuknya melalui aplikasi Sapawarga, untuk sementara saat ini jumlah pengunjung masih dibatasi hanya 120 orang per-hari

Dengan Jam Operasional :

  • Pukul 13.00-17.00 WIB
  • Rabu-Minggu (Buka)
  • Senin-Selasa (Tutup) [ ]

 

Sumber: republika.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

904