Adab Berpuasa Di Bulan Ramadhan, Yuk Perhatikan 7 Hal Ini

0
752
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Puasa adalah cara termudah untuk menggapai ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala seperti yang difirmankan-Nya di ujung surat Al Baqarah [2] ayat 183.

(183) يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183).

Selain itu puasa khususnya puasa Ramadhan punya pengaruh kuat dalam menjaga anggota badan secara lahir dan menguatkan batin, baik selama Ramadhan maupun setelah Ramadhan.

Di bulan ramadhan, setiap umat Islam dapat menjalankan berbagai amalan ibadah yang baik sesuai dengan syariat dan adab Rasulullah yang bukan hanya ibadah wajib namun juga ibadah adab sehingga amal kebaikan bertambah dan dapat menjadi penyempurna amal serta penambah kebaikan selama bulan Ramadhan.

Tentunya banyak sekali amalansesuai adab yang bisa dilakukan di bulan ramadhan yang akan mendapatkan pahalaluar biasa serta telah dijalankan sejak dahulu kala oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

 

Lalu apa saja adab-adab puasa di bulan Ramadhan itu ? Apa saja rukun dan syarat puasa Ramadhan? Apa saja hal yang membatalkan dan tidak membatalkan puasa?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

948

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .