Bolehkah Perempuan Mengantar Jenazah ke Kuburan? Ini yang Perlu Dipahami

0
613
Muslim di kuburan ( ilustrasi foto: republika )

PERCIKANIMAN.ID – – Sebagai diyakini bahwa kehidupan ini akan berakhir, baik itu berakhir dengan kematian atau pun kelak dengan adanya kiamat. Demikian juga setiap yang bernyawa termasuk manusia pastinya akan meninggalkan dunia yang fana ini. Sehebat dan sekuat apa pun ia tak mungkin terhindar dari kematian.

 

Secara tegas dan jelas dalam Al Quran  sudah dikabarkan dimana Allah subhanahu wa ta’ala yang berfirman ,

 

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

 

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An Nisa’: 78).

 

 

Dalam Islam, kewajiban seorang muslim terhadap jenazah khususnya saudara yang muslim adalah memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkannya. Pahala yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. sangat besar dalam pengurusan jenazah ini, sebagaimana hadits Nabi shalallahu alaihi wasallam.:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ فَلَهُ قِيرَاطٌ وَمَنْ اتَّبَعَهَا حَتَّى تُوضَعَ فِي الْقَبْرِ فَقِيرَاطَانِ قَالَ قُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ وَمَا الْقِيرَاطُ قَالَ مِثْلُ أُحُدٍ [رواه مسلم].

 

“Dari Abu Hurairah [diriwayatkan] dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. beliau bersabda: Siapa saja yang menshalatkan jenazah, maka baginya pahala satu qirath dan siapa yang mengantarnya hingga jenazah itu diletakkan di liang kubur, maka baginya pahala dua qirath. Saya bertanya: Wahai Abu Hurairah, seperti apakah qirath itu? Ia menjawab: Yaitu seperti gunung Uhud” (HR. Muslim).

 

Kewajiban terhadap jenazah ini hukumnya fardhu kifayah, yaitu kewajiban yang akan gugur apabila dikerjakan oleh sebagian umat Islam. Jika tidak ada yang mengerjakannya, maka seluruh umat Islam menanggung dosanya.

Lalu, siapa saja yang boleh mengantar jenazah sampai ke kuburan? Bolehkah perempuan mengantar jenazah ke kuburan? Apa saja amalan ketika mengantar jenazah ? Bolehkah menangis di kuburan ? Bolehkah membaca Al Quran di kuburan saat mengantar jenazah ?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

938

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .