Perilaku Yang Bisa Membawa Madhorot, Ini Yang Harus Dijauhi

0
1755
Sikap mudah marah ( temperanmen) adalah salah satu akhlak tercela ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Seorang muslim dituntut mempunyai akhlak atau perilaku yang baik bahkan mulia, baik akhlak kepada Allah Ta’ala, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam hingga kepada sesama manusia bahkan kepada binatang dan tumbuhan.

 

Disebutkan bahwa akhlak adalah buah dari keimanan dan keistiqomahan seseorang dalam menjalankan ibadah baca istiqomah dalam islam dan cara agar tetap istiqomah dijalan Allah). Akhlak yang kita ketahui tersebut memiliki pengertian baik secara bahasa maupun secara istilah. Selain itu ada beberapa ulama yang juga menjabarkan pengertian akhlak sebagaimana ibnu Miskawaih menyebutkan bahwa akhlak adalah keadaan jiwa atau sifat seseorang yang medorong melakukan sesuatu tanpa perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu.

 

Kata akhlak secara bahasa verasal dari bahasa Arab “Al Khulk” yang diartikan sebagai perangai, tabiat. Budi pekerti, dan sifat seseorang. Jadi akhlak seseorang diartikan sebagai budi pekerti yang dimiliki oleh seseorang terkait dengan sifat-sifat yang ada pada dirinya.

 

Kata akhlak menurut istilah khususnya dalam Islam diartikan sebagai sifat atau perangai seseorang yang telah melekat dan biasanya akan tercermin dari perilaku orang tersebut. Seseorang yang mmeiliki sifat baik biasanya akan memiliki perangai atau akhlak yang baik juga dan sebaliknya seseorang yang memiliki perangai yang tidak baik cenderung memiliki akhlak yang tercela. Kata akhlak disebutkan dalam firman Allah Ta’ala pada ayat berikut ini

 

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ

 

“Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.” (QS Shad : 46)

 

Pentingnya akan akhlak ini hingga Allah Ta’ala mengutus Rasul Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam untuk menyempurnakan akhlak. Rasul diutus salah satunya dalah untuk mendidik umat manusia agar berakhlaq mulia, sebagaimana bersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

 

Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.” (HR Al-Baihaqi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

 

Akhlak yang mulia akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita bahkan juga anak keturunan nantinya. Sementara akhlak yang buruk atau akhlak tercela akan mendatangkan keburukan dan kecelakaan.

 

Lalu, apa saja akhlak buruk atau perilaku yang bisa membawa madhorot itu? Apakah perilaku buruk akan terus membawa dosa jika ditiru orang lain? Apa doa agar kita terhindar dari perilaku buruk atau akhlak tercela ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

902

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .