Benarkah Redaksi Tahiyat Dialog Antara Allah Dan Rasul di Sidratulmuntaha? Begini Penjelasannya

0
1043
Muslimah sedang melaksanakan shalat ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Ketika seorang muslim menunaikan shalat maka baginya tidak ada sekat yang membatasinya untuk bertemu, berdialog, berdoa, memohon dan mengungkapkan segenap perasaannya kepada Zat Yang Mahasuci yakni Allah Ta’ala.

 

Ia tidak perlu perantara, tidak perlu status yang tinggi untuk bertemu dengan-Nya. Walau ia seorang pejabat besar, rakyat jelata, atau orang yang miskin papa, maka Allah Ta’ala akan tetap menerima kehadiran sang hamba dalam shalat.

 

Hal ini akan bisa sangat terasa ketika seorang hamba shalat dengan khusyu terutama ketika ia shalat Tahajud disepertiga malam, dimana saat yang lain tertidur dalam mimpi sementara ia bangun shalat dikeheningan malam. Di sinilah shalat dimaknai sebagai bentuk komunikasi yang intens dan dekat antara seorang hamba dan Rabbnya.

 

Allah Ta’ala begitu dengan hamba-Nya, sehingga dalam Al Quran begitu jelas menggabarkannya,

 

(16) وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

 

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,…… ( QS.Qaf: 16)

 

 

Itulah sebabnya, dalam prosesi shalat, baik sebelum, ketika, dan sesudah shalat, kita dituntut untuk mengondisikan diri agar bisa menjalin hubungan intens dengan-Nya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

Lalu benarkah redaksi tahiyat merupakan dialog antara Allah dan Rasulullah saat di sidratulmuntaha? Bagaimana bacaan tahiyat yang benar yang dicontohkan Rasulullah? Apakah perlu menggerakkan jari tangan ?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

900

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .