Keutamaan Sedekah Subuh, Lebih Baik Diberikan Kepada Orangtua atau Fakir Miskin ?

0
994
Umat Islam dianjurkan bisa sedekah setiap hari ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Sedekah adalah amalan dan perbuatan yang mulia dalam ajaran Islam yang hendaknya dilakukan secara rutin oleh kaum muslimin. Salah satu waktu terbaik untuk bersedekah adalah di waktu Subuh.

 

Hal ini seperti dijelaskan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada 2 malaikat yang turun, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq (sedekah).” Sementara yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).

 

Dengan memahami hadiits ini kita setidaknya mengetahui bahwa mengawali hari dengan amal sholeh di pagi hari khususnya sedekah di waktu Subuh mempunyai banyak keutamaan.

 

Meski sebenarnya dalam melakukan sedekah sendiri tidak dibatasi oleh waktu artinya boleh diwaktu pagi, siang, sore, malam atau saat dalam kelapangan dan kesempitan sekalipun. Namun tentunya melakukan hal mulia atau amal sholeh di pagi hari akan lebih baik.

 

 

Lalu  jika melakukan sedekah Subuh,  mana yang lebih utama diberikan kepada orangtua atau anak yatim ? Bolehkah sedekah tersebut diberikan kepada masjid? Apakah sedekah Subuh tersebut harus kita keluarkan waktu Subuh atau boleh setelah agak siangan?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

972

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .