Tips Meraih Lailatul Qadar, Lakukan Hal Ini

0
1001
10 Hari terakhir Bulan Ramadhan ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Bulan Ramadhan menyimpan banyak keistimewaan di dalamnya. Rahmat, ampunan, dan pahala yang melimpah menjadikan berlomba-lombanya umat Muslim mengerjakan amal sholeh kala Ramadhan datang. Salah satu keistimewaan lain dari bulan Ramadhan yaitu dengan adanya Lailatul Qadr.

 

 

Mayoritas ulama berpendapat bahwa setiap tahun terjadi Lailatul Qadr. Malam tersebut menjadi mulia bukan saja karena waktu diturunkannya Al Quran, akan tetapi malam itu sendiri memiliki kemulian, yang kemudian kemuliaannya bertambah dengan turunya Al Quran. Firman Allah ta’ala dalam Al Quran:

 

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ (٤) سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

 

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (Q.S. Al-Qadr: 1-5).

 

 

Keutamaan lainnya adalah Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan atau setara dengan 83 tahun. Untuk kondisi umat saat ini waktu 83 tahun tentu sebuah waktu yang lama atau panjang. Menurut jumhur ulama menerangkan bahwa terjadi Lailatu Qadr sendiri ada pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan khususnya pada malam- malam ganjil. Namun pastinya adalah rahasia Allah dan hanya Allah Yang Maha Tahu.

 

 

Untuk itu pada 10 hari terakhir Ramadhan ini kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh khususnya I’tikaf di masjid dengan memperbanyak ibadah, tilawah Al Quran, doa dan amal sholeh lainnya.

 

 

Lalu bagaimana cara meraih Lailatul Qadr itu ? Apakah Lailatul Qadr hanya diberikan bagi yang I’tikaf di masjid saja? Seperti apa tanda datangnya Lailatul Qadr itu? Apa tanda atau ciri kalau kita mendapat Lailatul Qadr?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

870

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .