Muslim Itu Bersaudara, 6 Cara Ini Mampu Menjaga dan Membangun Ukhuwah

0
642
Musliim itu bersaudara ( ilustrasi foto: freepik)

 

Oleh: KH.Drs.Abdurrahman Rasna, MA*

 

PERCIKANIMAN.ID –  – Akhir- akhir ini sangat terasa kalau ada pihak-pihak yang tidak suka kalau kita bersaudara, mengadu domba umat Islam . Padahal agama Islam, agama yang kita anut sangat menekankan persaudaraan dan persatuan. Bahkan Islam itu sendiri datang untuk mempersatukan pemeluk-pemeluknya, bukan untuk memecah belah.

 

 

Sesungguhnya  Allah Subhanahu Wa Ta’ala , telah memerintahkan agar umat islam itu menjaga  ukhuwah dan tolong menolong kepada sesama muslim dalam kemaslahatan dunia dan agama. Dalam Alquran Allah berfirman

 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

 

“Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah , supaya kamu mendapat rahmat.” (QS al-Hujurat : 10 )

 

Karena itu , ada beberapa hal  yang harus kita ingat dan lakukan dalam menjaga ukhuwah ini adalah :

 

  1. Bersikap Solider ( Senasib ).

Dalam hal ini kita mengacu pada nasihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda :

 

مَثَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ فِيْ تَوَدِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلَ الْجَسَدِالْوَاحِدِ ,إِذَااشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِوَالْحُمَّى

 

Perumpamaan kaum mukminin satu dengan yang lainnya dalam hal saling mencintai, saling menyayangi dan saling berlemah lembut di antara mereka adalah seperti satu tubuh. Apabila salah satu anggota badan sakit, maka semua anggota badannya juga merasa demam dan tidak bisa tidur.” ( HR. Muslim no. 4658)

 

  1. Saling Menyayangi ,

Terkait sikap saling menyayangi ini Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

لاَيُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ ِلأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِى

 

“Tidak (sempurna) iman salah seorang di antara kamu hingga dia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.” ( HR. Bukhari no. 12 )

 

  1. Mendamaikan Bila Ada Perselisihan.

 

Apabila ada perselisihan dan perpecahan di antara mereka, maka kewajiban seorang muslim adalah mendamaikannya.  Hal ini sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

 

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ

 

Oleh sebab itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah hubungan antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman.” ( QS. Al -Anfal : 1 )

 

  1. Saling Mendoakan Kebaikan Kebaikan

 

Hal ini mengacu pada Al Quran dimana Allah Ta’ala berfirman :

 

وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

 

“Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. “ (QS . Muhammad : 19 )

 

  1. Saling Menghormati.

 

Hal ini sebagaimana Allah Ta’ala berfirman;

 

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

 

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa) “ ( QS An-Nisa : 4)

 

  1. Saling Tolong Menolong Dalam Kebaikankebaikan.

 

Hal ini sebagaimana Allah Ta’ala berfirman;

 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

 

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.  Dan bertakwalah kamu kepada Allah Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. “ (QS al-Mâidah : 2 )

 

Demikianlah saudaraku. Semoga tulisan singkat  ini dapat menjadi pengingat dan bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga ukhuwah Islamiyah di zaman yang penuh fitnah. Wallahu’alam [ ]

 

*penulis adalah anggota Komisi Dakwah MUI Pusat dan anggota Bidang Dakwah PB MA serta dosen di Banten

5

Red: admin

Editor: iman

836