Waktu Terbaik Untuk Sedekah, Silakan Pilih 5 Kesempatan Ini

0
659
Agar berpahala maka sedekah harus dilakukan dengan ikhlas ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Bersedakah adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada banyak manfaat dari bersedakah tersebut salah satunya adalah mengundang pertolongan Allah dan mengundang keberkahan rezeki.

 

Namun cara atau waktu bersedakah juga perlu  strategi atau waktu utama untuk bersedakah. Kalau kita dapati waktu berikut ini, perbanyaklah sedekah. Di samping ada hadits khusus, juga waktu yang ada secara umum adalah waktu terbaik beramal shalih.

 

 

  1. Saat masa krisis pangan,ada bencana dan kebutuhan hidup  mendesak

Hal ini seperti ditulisa dalam Al quran Allah Ta’ala berfirman,

 

Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan.” (QS. Al-Balad: 11-14).

Memberi makan pada hari “dzi masghobah“, maksudnya adalah pada masa kelaparan, ketika makanan menjadi langka, di masa semua kebutuhan terfokus pada makanan.

 

  1. Saat terjadi gerhana matahari , bulan atau peperangan

Seperti yang diceritakan dari ‘Aisyah ra dimana Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Selama Bulan Ramadhan teruma sepuluh hari terakhir

Bulan Ramadhan adalah penghulu segala bulan dimana didalamnya semua hari maupun malamnya mengandung keberkahan. Hal ini seperti diceritakan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata,

 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan. Kedermawanan (kebaikan) yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril ‘alaihis salam menemui beliau. Jibril ‘alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Quran) hingga Al Quran selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila Jibril ‘alaihi salam datang menemuinya, tatkala itu beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Seorang ulama pernah mengatakan, “Jika tiba bulan Ramadhan, bersemangatlah untuk bersedekah. Karena bersedekah di bulan tersebut lebih berlipat pahalanya seperti seseorang sedekah di jalan Allah (fii sabilillah). Pahala bacaaan tasbih (berdzikir “subhanallah”) lebih afdhol dari seribu bacaan tasbih di bulan lainnya.

  1. Sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah

 

Dalam sebuah riwayat yang diceritakan dari Ibnu Abbas, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

 

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“ (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

 

Sedekah termasuk amalan yang baik yang dilakukan di awal Dzulhijjah sebab pahalanya akan berlipat dibanding  bulan yang lain.

 

  1. Hari Jumat

Hari Jumat adalah penghulu hari (sayyidul ayyam) diantara hari-hari dalam sepekan. Secara umum, amalan apa pun sangat baik dan dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat. Hal ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah ra , dimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim)

 

Demikian lima waktu terbaik untuk melakukan sedekah semoga kita tidak ketinggalan. [ ]

 

dihimpun dari berbagai sumber

5

Red: admin

Editor: iman

903