Mengirimkan Bacaan Quran Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat, Apakah Pahalanya Akan Sampai?

0
1321
Muslimah membaca Al Quran ( ilustrasi foto: freepik )

PERCIKANIMAN.ID – – Ditinggal dan kehilangan sosok ayah atau ibu untuk selamanya tentu adalah hal terberat sekaligus menyedihkan bagi seorang anak. Perasaan sedih dan kehilangan tersebut tidak hanya berlangsung sehari atau dua hari saja, bahkan bagi sebagian orang akan mengalami kesedihan tersebut dalam beberapa tahun.

 

Sebenarnya dalam ajaran Islam mengalami atau merasakan kesedihan itu dibolehkan atau tidak terlarang. Yang tidak boleh adalah merasakan kesedihan yang berlebihan dan diluar batas kewajaran.

 

Sebab, sebagai orang beriman kita harus menyadari bahwa kematian adalah hal yang pasti terjadi. Kita ditinggal meninggal orang yang kita cintai atau justru kita yang lebih dulu meninggalkan orang yang kita cintai. Dalam Al Quran sudah sangat jelas Allah Ta’ala tegaskan,

 

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” ( QS.Ali Imran: 185)

 

Namun hubungan antara anak dan orang tua adalah ikatan yang tak akan putus serta tak lekang oleh waktu. Bahkan meski orang tua telah meninggal, seorang anak tetap wajib berbakti dengan cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal tersebut.

 

Amalan doa dari seorang anak yang berbakti niscaya akan menyelamatkan orangtuanya di alam kubur, dengan catatan almarhum orangtua pun tergolong pribadi shalih-shalihah semasa hidupnya . Oleh karena itu, wajib hukumnya anak mendoakan orang tua yang sudah meninggal.

 

 

Lalu bagaimana hukumnya anak yang mengirimkan bacaan Al Quran kepada orangtua yang sudah wafat? Apakah pahala bacaan Al Quran tersebut akan sampai kepada almarhum? Doa apa yang perlu dipanjatkan kepada orangtua yang sudah meninggal?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

870

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .