Ketika Mengetahui Orangtua Selingkuh, Ini Yang Harus Dilakukan Anak

0
1246
Anak remaja bersama ayah ( ilustrasi foto: raisingchildren.net.au)

PERCIKANIMAN.ID – –  Orangtua adalah pendidik sekaligus teladan bagi keluarga khususnya anak-anaknya. Setidaknya ada 3 komponen penting pada kalimat “keteladanan orangtua dalam keluarga”.

 

Pertama; keteladanan yaitu bagaimana kita memberi contoh yang benar dalam berbicara, benar dalam bersikap, benar dalam berfikir dan benar dalam berupaya. Kedua; orangtua, yaitu sebagai pemegang amanah dari Allah atas anak yang telah dianugrahkan untuk dipelihara, di didik dan dipenuhi haknya sebagai seorang anak.

 

Ketiga; keluarga sebagai organisasi terkecil dalam kehidupan seseorang dan memiliki peran penting dalam kebiasaan, pendidikan dan pembentukan karakter seseorang.

 

Keteladanan orangtua juga bagaimana cara orang tua memberikan contoh yang benar kepada putra putri anggota keluarganya mengenai cara berbicara, bersikap, berfikir dan berupaya yang baik dan benar dalam keluarga dan kebiasaan sehari-hari. Orang tua adalah sekolah pertama dan utama bagi putra-putrinya.

 

Orangtua juga  merupakan poros penting dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak. Kebiasaan yang disaksikan, dialami oleh seorang anak dari orang tuanya maka secara langsung ataupun tidak langsung akan terekam dalam fikiran bahkan sangat mungkin akan diikuti atau ditiru oleh anak-anak kita.

 

Untuk itu orangtua harus berusaha menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dalam sikap dan ucapan, mempunyai akhlak yang terpuji atau mulia dan keteladanan baik lainnya, sehingga anak-anak pun akan berusaha meniru dan mencontoh kebaikan dan kemuliannya orangtuanya.

 

Lalu bagaiman jika seorang anak mengetahui bahwa orangtua khususnya sang ayah melakukan selingkuh? Apakah harus menegur langsung atau melaporkan kepada ibunya? Apa sikap yang harus diambil istri ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim offcial

903

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .