Saat Pasangan Mengungkit-ngungkit Pemberiannya, Ini Yang Harus Dilakukan Suami atau Istri

0
1133
Suami marah kepada istri ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Secara umum Rasulullah SAW menganjurkan agar umat Islam saling berkasih sayang, berempati, dan peduli satu sama lain. Maknanya, rasa persaudaraan (ukhuwah) mesti terus dikuatkan. Di antara beragam sarana untuk merawat ukhuwah adalah saling memberi hadiah.

 

Hadiah selalu memberi kesan perdamaian, rasa cinta, dan penghargaan dari si pemberi kepada yang diberi. Karena itulah Rasulullah SAW menganjurkan agar suka memberi dan menerima hadiah. Beliau menjelaskan pengaruh hadiah di dalam meraih kecintaan dan kasih sayang sesama manusia. Dalam haditsnya Rasulullah SAW bersabda,

 

“Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai” (HR Al-Bukhari).

 

Jika sesama muslim saja kita disuruh untuk saling memberi hadiah agar terjalin kasih sayang dan ukhuwah maka terlebih dalam kehidupan rumah tangga juga sangat dianjurkan. Saling memberi baik suami kepada istri atau pun istri kepada suami dan juga anak-anak maka rasa saling mencintai dan berkasih sayang akan semakin besar.

 

Tentu saja pemberian tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan baik istri maupun suami dan juga sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai memberi diluar sanggupannya apalagi jika terkait dengan nominal materi. Demikian juga jangan sampai memberi apa-apa yang tidak dibutuhkan atau diperlukan suami atau istri. Misalnya istri perlu baju, suami malah memberikan hadiah jam tangan dan sebagainya.

 

Lalu bagaimana jika pasangan (suami atau istri) selalu mengungkit-ngungkit pemberiannya? Bagaimana hukum jika itu dilakukan untuk mengingat kebaikan? Apa sikap yang harus dilakukan oleh seorang istri atau suami jika pasangannya berbuat demikian ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

970

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .