Meminum Obat Doping Saat Sahur Agar Kuat Puasa, Boleh atau Tidak ?

0
185
ilustrasi foto; pixabay

PERCIKANIMAN.ID – – Makan sahur adalah proses awal dimulainya ibadah shaum atau puasa di bulan Ramadhan. Sebab, makan sahur adalah bagian dari sunnah yang di anjurkan sebelum memulai ibadah shaum pada pagi hingga sore hari.

 

Anjuran makan sahur ini begitu kuat bahkan Rasulullah SAW menganjurkan makan sahur meski hanya dengan seteguk air mengingat keutamaan sahur yang begitu indah. Begitu juga hadits dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

iklan

 

”Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air.” (HR Ibnu Hibban)

 

Secara medis makan sahur juga sebagai persiapan makanan cadangan untuk menghasilkan energi selama seharian. Inilah sebagian dari keutamaan makan sahur saat Ramadhan dan hikmah lainnya.

 

 

Lalu saat makan sahur bolehkah meminum obat-obatan sebagai penahan rasa sakit, misalnya sakit maag? Atau bolehkah minum dooping agar kuat sampai sore dan tidak merasa lapar? Apa saja yang membatalkan shaum Ramadhan?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak.

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishsawab.[ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

934

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .