Sehatkah Makan Telur Setiap Hari? Ini Jawabannya

0
832

PERCIKANIMAN.ID – – Frekuensi konsumsi telur sampai saat ini masih sering memicu perdebatan. Beberapa kalangan menganggap makan telur adalah kebiasaan yang sehat asalkan bagian kuning telur tidak ikut dimakan. Sementara itu, ada juga kalangan yang berpendapat kuning telur justru adalah bagian paling sehat pada telur.

 

 

Ada studi yang menyebut kuning telur boleh dimakan asalkan tidak setiap hari. Karena, konsumsi kuning telur berlebihan dapat memicu naiknya kolesterol dan meningkatkan risiko serangan jantung. Dilansir dari Times of India, sebutir telur mengandung 185 miligram kolesterol.

 

 

Namun pada kenyataannya, bukan konsumsi telur yang menyebabkan kolesterol. Akan tetapi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh adalah dalang utama naiknya kolesterol dalam tubuh.

 

 

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol diet memang menaikkan kadar kolesterol. Namun hal penting yang diperhatikan adalah rasio LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Untuk diketahui, telur justru menaikkan HDL lebih besar daripada LDL. Sampai sekarang juga belum ada studi yang menemukan keterkaitan antara banyaknya konsumsi telur dengan risiko kesehatan jantung.

 

 

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal Heart malah menyatakan konsumsi telur menciptakan efek perlindungan terhadap tubuh. Orang yang makan telur setiap hari punya risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

 

 

Mereka juga 18 persen lebih rendah menghadapi kematian akibat serangan jantung. Bahkan, konsumsi telur tiap hari menurunkan risiko stroke hingga 26 persen.

 

 

Telur merupakan makanan yang kaya nutrisi. Sebutir telur mengandung vitamin E, folat, selenium, lutein, protein, dan mineral. Semua nutrisi tersebut berkontribusi penting dalam menjaga kesehatan otak, mata, melawan inflamasi, dan mengenyangkan lebih lama.

 

 

BACA JUGA: Kena Flu Saat Liburan ? Makanlah Makanan Ini

 

 

Santaplah telur dengan makanan berserat tinggi untuk sarapan maka anda akan kenyang lebih lama tanpa khawatir berat badan akan naik.

 

 

Cara terbaik melahap telur adalah dengan membuatnya menjadi telur rebus. Anda tak perlu menambahkan bumbu apapun ke dalamnya. Jika anda ingin menggoreng telur, lebih baik gorenglah di wajan anti lengket menggunakan minyak yang sehat. [ ]

Sumber: republika.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

680

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online