Gajah Lebih Takut Manusia atau Lebah?

0
407

 

 PERCIKANIMAN.ID – – Gajah adalah salah satu hewan yang besar jika dibanding  dengan lebah, mungki perbandingan tubuhnya bisa ratusan kali lipat. Meski demikian tidak setiap yang besar selalu menang dalam setiap pertarungan. Ada kalanya justru yang besar bisa dikalahkan oleh yang kecil,  buktinya ketika gajah kalah dengan kawanan lebah.

Hal ini sebagaimana yang terjadi di kawasan hutan lindung Afrika  Selatan, di mana para pencinta alam menggunakan lebah untuk mengekang gajah agar tak merusak dan menyerang manusia.

 

Gajah suka makan rumput, buah, dedaunan dan membutuhkan lebih dari 100 kilogram makanan setiap hari.

 

Jumlah makanan yang banyak mendorong gajah untuk makan apapun yang mereka temukan, meski merupakan ladang manusia.

 

 

Untuk mengatasi perselisihan antara gajah dan manusia, “Elephants Alive” lembaga non-pemerintah menguji penggunaan sarang lebah untuk tujuan itu.

 

 

Meski kulit gajah berukuran tiga sentimeter, sangat sensitif dan bisa dirasakan jika nyamuk naik di tubuhnya. Kulit gajah yang tebal ternyata tetap sensitif terhadap sengatan lebah.

 

Sarang lebah dijadikan penghalang Gajah agar tak merusak tanaman

 

Akhirnya dibuatlah ide, bangunan pagar terdiri dari kawat sederhana yang dikaitkan dengan dua tongkat sebagai penahan dari rumah lebah dengan jarak tertentu.

 

Ketika gajah mendekati lahan pertanian dan menyentuh kawat-kawat tersebut, itu akan mengganggu sang lebah, menyebabkan mereka untuk keluar dari sarang mereka dan menakut-nakuti gajah yang akan memasuki lahan para petani.

 

BACA JUGA: 9 Hewan Cerdas Untuk Bahan Dogeng Anak 

 

Gajah rupanya takut pada lebah karena dia khawatir hewan kecil itu akan masuk ke hidungnya sehingga mereka bisa kehabisan napas.

 

Proyek yang dimulai pada 2015 ini mulai menunjukkan keefektifannya, tanpa harus membunuh gajah. Demikian sebagaimana dilansir laman wwf. [ ]

5

Red: admin

Ilustrasi foto: pixabay

928