Sambut Ramadhan 2024, Dewan Da’wah Jawa Barat Kembali Kirim Kafilah Dakwah ke Pelosok.  

0
717
foto: dok.dewan dakwah jabar

PERCIKANIMAN.ID – – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Barat secara seremonial melakukan pelepasan dai  dalam program “Da’i dan Da’iyah Kafilah Dakwah Ramadhan 1445 H/ 2024 M” di Masjid Nurul Iman / Kampus  Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Dewan Dawah Jawa Barat,  komplek bumi pakusarakan  KBB. Jawa Barat. Jumat ( 08/3/2024).

 

Sebanyak 37 dai dan daiyah yang merupakan mahasiswa ADI  tersebut dilepaskan langsung  oleh Ketua Umum Dewan Dakwah  Jawa Barat, Ustadz KH. Muhammad Roinul Balad dengan disaksikan oleh ketua majlis Syura Dewan Dawah Jawa Barat, Direktur ADI dan pengurus yang lainnya.

 

Hadir juga dalam acara pelepasan kafilah Dawah ini utusan dari BAZNAS Provinsi dan tokoh masyarakat setempat RT, RW dan Ketua DKM serta lembaga mitra Dewan Dawah lainya.

 

Dalam amanatnya KH. Muhammad Roinul Balad menyampaikan bahwa momen Ramadhan ini harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan dalam ibadah dan juga amal sholeh lainnya termasuk berdakwah kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Para dai dan daiyah dalam kafilah dakwah Ramadhan 1445 H ini  akan bertugas di daerah dengan Tiga katagori yaitu

Pertama daerah Pelosok / Pedalaman , Kedua Daerah Minoritas dan Muallaf dan ketiga daerah binaan Dewan Dawah.

 

Daerah – daerah tersebut tersebar di kota – Kabupaten SE Jawa Barat,  karena keterbatasan Da’i maka untuk tahun ini kami menyebar para Da’i dan Da’iyah tersebut di sembilan kota kabupaten SE Jawa Barat yaitu :

 

  1. Kab. Ciamis
  2. Kab. Garut
  3. Kab. Bandung
  4. Kab. Bandung Barat
  5. Kab. Cianjur
  6. Kab. Sukabumi
  7. Purwadadi Kab. Subang
  8. Kab. Kuningan
  9. Kab. Purwakarta

 

“Mereka akan bertugas selama satu bulan dalam membersamai masyarakat setempat khususnya selama bulan Ramadhan ini,”

Daiyah Dewan Da’wah Jabar ( foto: dok.dewan da’wah)

KH.Roin menjelaskan para dai daiyah ini akan berkiprah dalam pembinaan meliputi belajar membaca Al Quran, menjadi guru TPA/TPQ, Pesantren Ramadhan tingkat SD dan SMP, menjadi imam shalat Tarawih sampai menjadi imam Shalat Idul Fitri.

 

Selain itu para dai dan daiyah ini juga berbagi ilmu keislaman lainnya seperti berbekam, metode Kesehatan islami serta pelatihan dalam pemulasaraan jenzah.

 

“Ini adalah salah satu bentuk komitmen  kami dari kawan-kawan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia khususnya yang ada di Jawa Barat.

 

Dalam hal ini kami sangat komitmen untuk melaksanakan kegiatan dakwah bukan hanya di bulan Ramadhan saja tetapi sepanjang bulan diluar Ramadhan juga aktivitas dakwah khususnya dipelosok negeri ini terus kami lakukan,” ungkapnya.

 

Untuk itu pihaknya sangat terbuka untuk menjalin Kerjasama dan sinergi program dakwah yang sevisi dan semisi dengan berbagai pihak, baik Lembaga dakwah, ormas Islam maupun pihak pemerintah dan instansi lainnya.

 

“ Kami mengucapkan terima kasih, jazakumullahu khairan katsiran kepada semua donatur dan semua pihak yang telah turut serta berpartisipasi dalam program dakwah ini. Semoga di bulan  Ramadhan yang penuh berkah ini, Allah Ta’ala senantiasa mencurahkan keberkahan dan membalas amal sholeh bapak ibu semua,”

 

Bagi bapak/ ibu yang ingin mendukung dalam program kafilah dakwah membangun negeri bisa berpartisipasi ke:

  • Bank Muamalat Indonesia /( BMI ) no rekening 1050012381 ( an. Dewan Dawah Jawa Barat )
  • Atau ke Rekening Infaq: Bank Syariah Indonesia (BSI)  7244487348 (Dewan Da’wah Jawa Barat)

Konfirmasi & layanan jemput ZIS hubungi :

    • 0819-3133-2455 ( Ust. Roin)
    • 0821-2692-6551 (Ust.Fadhli )

5

Red: admin

Editor: iman

903