Ruh Orang orang Shaleh Bisa Saling Mengunjungi di Alam Kubur? Begini Penjelasannya

0
1780
Makam Baqi di Mina ( ilustrasi foto: arabnews)

PERCIKANIMAN.ID – – Kematian adalah muara akhir dari setiap kehidupan makhluk di dunia. Al-Quran menyebut kematian sebagai ajal, tawaffa atau istifa’.  Istilah ini terdapat pada empat belas tempat dalam Al-Quran yang kesemuanya mengandung makna yang sama, yaitu kematian.

 

Menurut Al-Quran kematian merupakan sesuatu yang pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Ini terjadi pada seluruh makhluk yang bernyawa, yakni makhluk yang memiliki ruh dalam jasad (fisik). Dalam Al Quran Allah Ta’ala tegaskan,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۖ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS.Al-‘Ankabut: 57)

Kematian dalam perspektif Al-Quran merupakan putusnya keterikatan ruh dengan badan dalam bentuk yang telah diketahui, disertai pergantian keadaan, serta perpindahan dari satu alam ke alam yang lain. Perpisahan antara ruh dan jasad ini adalah pintu gerbang untuk memasuki kehidupan yang baru yakni dari alam dunia menuju alam kubur.  Terkait dengan ruh ini hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang maha tahu rahasianya. Dalam Al Quran ditegaskan,

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: “Ruh itu termasuk urusan Rabb-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”. (QS.Al Isra: 85)

 

Namun terkait dengan kematian ini masih menjadi mitos sebagian masyarakat yang dikaitkan dengan berbagai tradisi. Untuk itu ada sebagian masyarakat yang menyelenggarakan serangkaian upacara tradisional yang dikaitkan dengan ruh orang yang sudah meninggal, misalnya upacara 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari bahkan hingga 1000 hari.

Lalu, apakah benar ruh orang orang shaleh bisa saling mengunjungi di alam kubur? Benarkan sebelum dikubur, ruh sang mayit masih ada disekitar rumah? Benarkah ruh orang yang meninggal karena bunuh diri tidak diterima Allah sampai hari kiamat?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087722319792 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .