Perkuat Ukhuwah dengan Semangat Tahun Baru Islam

0
6606
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Allah Ta’ala atas segala karunia-Nya. Tanpa terasa dan mungkin sebagian tidak menyadari bahwa kita akan segera memasuki Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah.

Momen Tahun Baru Hijriyah hendanyak jangan sekedar diperingati, tapi harus menjadi bahan introspeksi dan evaluasi apa yang telah dilakukan selama ini, jika ada kesalahan pada taun lalu harus diperbaiki, dan semangat tahun baru hijriyah ini juga harus menjadi semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Dalam Al Quran, Allah Ta’ala sudah mengingatkan kita untuk mempersiapkan hari esok khususnya kehidupan akhirat . Seperti dalam  firman-Nya,

(18) يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” ( QS. Al-Hasyr: 18)

Kita bersyukur masih bisa melihat pergantian tahun baru Islam pada tahun ini, ini harus jadi momentum untuk berhijrah dan berubah kearah yang lebih baik, kesalahan pada masa lalu, hendaklah menjadi cermin bagi kita untuk menjadi lebih baik pada masa yang akan datang.

Kalau tahun kemarin kita masih sering melakukan kesalahan, sering meninggalkan syariat, tahun ini jangan lagi terulang, karena makna peringatan tahun baru hijriyah adalah hijrah atau berpindah dari yang tidak baik menjadi baik, hijrah dari yang baik menjadi lebih baik.

Lalu, apa saja yang kita maknai dalam memasuki Tahun Baru Islam ini ? Apakah ada doa khusus dalam memasuki tahun baru dalam Islam?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

987

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .