Ramadhan Bulan Al Qur’an, Yuk Jadi Lebih Banyak Belajar,Membaca dan Mengamalkannya

0
1145
Seorang muslimah sedang membaca Al Quran ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Al Quran merupakan mukjizat yang Allah Ta’ala karuniakan kepada Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– yang paling agung dan akan terus nampak hingga akhir zaman . Keberkahannya terus mengalir dan tak akan pernah terputus hingga akhir zaman.

Al Quran adalah sebuah kitab suci yang akan selalu membimbing seorang muslim menuju kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Orang yang menjadikannya imam, akan selamat dengan izin Allah, namun siapa yang tak menghiraukannya, maka cepat atau lambat kebinasaan akan menghampirinya.

Jumhur ulama dan kaum muslimin meyakini bahwa Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam melalui malaikat Jibril pada bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana yang Allah Subhanahu wa Ta’ala firmankan,

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَانِ

 

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya  mulai  diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang nyata yang menunjuk kepada kebenaran, yang membedakan antara yang haq dan yang bathil.” (QS Al-Baqarah: 185)

 

Keberkahan Al-Quran nampak jelas dengan adanya riwayat-riwayat yang mengabarkan akan keutamaan dan keistimewaannya. Ia merupakan pedoman hidup seorang muslim, obat dari segala penyakit badan dan hati, dan banyak keistimewaan lainnya. Allah Ta’ala berfirman:

 

وَ نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَ رَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ لَا يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلَّا خَسَارًا

 

Dan Kami turunkan Al-Quran (Sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, sedangkan bagi orang-orang yang zhalim hanya akan menambah kerugian.” (QS Al-Isra’ : 82)

Untuk itu di bulan Ramadhan yang mulia dan penuh dengan keberkahan ini hendaknya menjadi momen kaum muslimin untuk mempelajari, membaca kemudian mengamalkan Al Quran. Meski belum lancara membaca Al Quran, hendaknya tidak putus asa, sebab pahala bagi yang belajar dan membaca Al Quran sangat besar.  Dalam haditsnya dari ‘Abdullah bin Mas’ud –radhiyallahu ‘anhu-, beliau menuturkan, Rasulullah –shallalahu ‘alaihi wa sallam– bersabda,

 

Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Quran), maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi)

Lalu, apa saja kemuliaan Ramadhan dalam Al Quran ? Bagaimana agar kita mudah belajar membaca Al Quran? Bagaimana cara memaksimalkan Ramadhan dengan berinteraksi bersama Al Quran?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .