Belajar Mendengar di Bulan Ramadhan, Yuk Cek Kita Tipe Yang Mana ?

0
841
Mendengar pengajian ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Menjadi seorang pendengar yang baik, atau mendengarkan dan menyimak pembicaraan seseorang dengan penuh perhatian merupakan salah satu adab yang mulia dalam Islam.

Dalam nasihatnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Semoga Allah memberikan keindahan kepada seseorang yang mendengar sesuatu dari kami, lalu ia menyampaikannya sebagaimana ia dengar. Betapa banyak orang yang menyampaikan lebih paham dari yang mendengar” (HR Abu Daud dari Anas bin Malik).

Dalam beberapa kisah disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam adalah contoh pendengar yang baik. Dengan penuh perhatian beliau mendengarkan segala keluh kesah yang diadukan para sahabatnya.

Tak sekalipun beliau memotong pembicaraan, membantah, atau meremehkan si pembicara. Tak pernah beliau menolak mereka yang datang, meski kedatangan mereka sekadar mengutarakan hal-hal sederhana.

Namun dalam kenyataannya menunjukkan betapa banyak orang yang ingin menjadi pembicara. Tetapi hanya sedikit yang dapat menjadi seorang pendengar dari apa yang dikemukakan oleh orang lain.

Seorang ulama besar yakni Imam Hasan Al Bashri رحمه الله  memberikan nasihatnya dengan berkata “Bila engkau bermajelis hendaknya engkau lebih bersemangat untuk mendengar dari pada berbicara. Dan pelajarilah cara mendengar yang baik sebagaimana engkau mempelajari cara berbicara yang baik. Dan janganlah engkau memotong pembicaraan seseorang“.

Padahal banyak sekali terkandung hikmah dari sikap ini. Di antaranya, menunjukkan ketawaduan si pendengar. Bisa saja si pendengar sudah tahu akan hal yang sedang dibicarakan, tetapi dia memilih untuk diam dan mendengarkan.

Lalu apa saja adab dalam mendengar itu? Apa saja tipe-tipe menjadi seorang pendengar yang baik? Apakah semua pembicaraan harus didengarkan meski itu kadang buruk?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

947

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .