Malaikat Mendoakan Orang Pelit, Benarkah ? Begini Penjelasannya

0
835
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Orang yang baik dan gemar memberi pastinya akan disenangi bahkan didoakan oleh orang lain. Lebih nyata hal ini dapat disimak saat pengamen atau pengemis ketika diberikan uang oleh yang didatangi. Ia akan mendokan yang baik-baik pada orang yang memberikan uang meski hanya uang receh.

Maka sebaliknya orang yang pelit juga akan didoakan tetapi doa yang buruk. Terkait orang yang dermawan vs orang pelit ini dapat disimak dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR Bukhari dan Muslim).

 

Jika manusia yang sering berbuat salah dan dosa saja dikabulkan doanya oleh Allah, bagaimana dengan doa para Malaikat yang senantiasa taat kepada Allah. Malaikat itu diciptakan dari cahaya, Jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan Allah Ta’ala dalam Al Quran.

Lalu, apa makna malaikat mendokan orang yang pelit? Bukankah malaikat itu makhluk Allah yang taat dan suci yang selalu berbuat baik, sementara mendoakan orang pelit adalah perbuatan buruk? Mungkinkah malaikat mendoakan keburukan bagi manusia?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

909

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .