Tempat Terbaik Untuk Berdoa, Pahami Ini Agar Mudah Dikabul

0
647
Seorang muslim sedang berdoa ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Berdoa dalam ajaran Islam merupakan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah Ta’ala pun menegaskan bagi orang-orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya, itulah gambaran kesombongan sesungguhnya sebagaimana dalam ayat Al Quran.

 

(60) وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)

 

Doa adalah ibadah yang paling mulia di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah dengan musnad Ahmad: “Tidak ada yang paling mulia di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala daripada doa.”

 

Selain itu bisa dimaknai sebagai ibadah dan sebagai bentuk permohonan. Kedekatan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan hamba-Nya terbagi dua macam yaitu kedekatan ilmu-Nya dengan setiap mahluk-Nya dan kedekatan dengan hamba-Nya dalam memberikan setiap permohonan, pertolongan dan taufik kepada mereka.

 

Kita meyakini bahwa Allah Ta’ala itu dekat dengan hamba-Nya sehingga akan mengabulkan setiap hamba yang berdoa kepada-Nya.Hal ini sebagaimana Allah Ta’ala tegaskan,

 

(186) وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.( QS.Al Baqarah: 186)

 

Namun Sebagian orang langsung putus asa ketika doanya tidak segera terkabul. Padahal bisa jadi Allah tunda pengabulannya diakhir atau kelak di akhirat. Meski demikian kita harus tahu dan paham waktu dan tempat untuk berdoa sehingga akan mudah diijabah oleh Allah Ta’ala .

 

Lalu, dimana tempat terbaik berdoa itu? Masjid adalah salah satu tempat terbaik untuk berdoa, lalu bagaimana bagi Wanita yang sedang haid, yang oleh sebagai ulama tidak boleh masuk masjid? Kapan saja waktu terbaik untuk berdoa itu ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

editor: iman

Video: tim official

937

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .