Tips Menjadi Orang Yang Ikhlas, Ini Yang Harus Dilakukan  

0
1592
Muslim bahagia ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu kunci seseorang beramal adalah dilakukan dengan hati dan niat yang ikhlas karena Allah Ta’ala. Sebab, amal yang dilakukan tidak ikhlas pastinya akan tertolak atau tidak akan Allah terima.

Dalam mendefinisikan ikhlas, para ulama berbeda redaksi dalam menggambarkanya. Ada yang berpendapat, ikhlas adalah memurnikan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ada pula yang berpendapat, ikhlas adalah mengesakan Allah dalam beribadah kepadaNya. Ada pula yang berpendapat, ikhlas adalah pembersihan dari pamrih kepada makhluk.

Terkait dengan ikhlas sebagai syarat diterimanya amal ini dengan mengacu pada sabda Nabi Shalallahu alaihi wasallam,

 

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ

 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”. ( HR.Muslim )

 

Dalam menjelaskan perkara hati ini ulama hadits (muhaditsin) menerangkan bahwa yang dimaksud dengan hati ini adalah niat yang ikhlas hanya mengharap pada Allah semata. Namun tentu semua mengalami bahwa bab ikhlas ini bukan hal mudah dilakukan, sebab berkaitan dengan hati.

 

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjadi orang ikhlas? Apakah jika selalu mengingat amalan itu berarti tidak ikhlas? Bolehkah niat dilakukan diakhir perbuatan? Doa apa saja yang perlu kita lakukan agar bisa ikhlas?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

923

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081332233395 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .