Shalat Tahajud Belum Tidur, Boleh atau Terlarang?

0
1578
Seorang muslim sedang shalat ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan kaum muslimin adalah shalat Tahajud. Sangat ditekankan apabila shalat Tahajud ini dilakukan pada sepertiga malam yang terakhir karena pada saat itulah waktu dikabulkannya do’a.

 

Hukum shalat Tahajjud adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan). Shalat sunnah ini telah tetap berdasarkan dalil dari Al-Qur-an, Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan ijma’ kaum Muslimin. Para ulama fikih mengambil dalil dari Al Quran Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

 

Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji” (QS.Al-Israa [17] :79)

 

Dalam ayat lain Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

 

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

 

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS.Adz-Dzaariyaat [51]: 17-18)

 

Shalat Tahajjud memiliki sekian banyak keutamaan dan keistimewaan sehingga seorang penuntut ilmu sangat ditekankan untuk mengerjakannya. Di antara keistimewaannya adalah. Shalat Tahajjud adalah sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْـمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

 

Sebaik-baik puasa setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat yang fardhu adalah shalat malam.” (HR.Muslim no. 1163)

 

Lalu bolehkah shalat Tahajud dikerjakan sebelum tidur? Misalnya begadang hingga dini hari kemudian shalat Tahajud? Kalau harus tidur dulu, bolehkah dikerjakan tidak sepertinya malam? Misalnya jam 8 malam sudah tidur lalu bangun jam 10, terus shalat Tahajud? Apakah saat diperjalanan misalnya saat naik bis boleh shalat Tahajud?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

932

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081323323395 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .