Jika Manusia Meninggal Apakah Jin Qorin Juga Ikut Mati? Bolehkah Kita Meminta Pertolongan Pada Jin Qorin Yang Baik ?

0
630
Kita tidak lepas dari godaan setan/jin jahat ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam Islam salah satu makhluk ghaib yang diyakini keberadaannya adalah jin yakni jin Qorin. Qorin adalah jin yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkannya. Karena itu, qorin termasuk setan dari kalangan jin.

Terkait dengan kebedaan jin Qorin ini ada beberapa dalil yang menunjukkannya. Misalnya para ulama tafsir menyebutkan dalilnya dalam Al Quran dimana Allah Ta’ala berfirman,

 

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ

 

Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)

Dalam tafsir nya Ibnu Katsir menyatakan bahwasanya Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan, “Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7:403)

 

Kemudian dalam hadit dimana dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

 

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

 

“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

 

Dalam hadits yang lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

ما منكم من أحد إلاوقد وكل به قرينه من الجن

 

Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” (HR. Muslim)

Imam An-Nawawi mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi tahu bahwa dia bersama kita, agar kita selalu waspada sebisa mungkin. (Syarh Shahih Muslim, 17:158)

 

Lalu, jika manusia meninggal apakah jin Qorin juga ikut mati? Bolehkah kita meminta pertolongan pada jin Qorin yang baik ? Dapatkah manusia biasa berdialog dengan jin? Bagaimana cara mengusir jin yang jahat?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

937

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081323323395 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .