Shalat Witir Sebelum Tidur lalu Tahajjud Saat Bangun Tidur, Boleh atau Terlarang?

0
1501
Seorang muslimah sedang shalat ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Selain shalat wajib, amalan shalat yang tinggi nilai pahalanya di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah shalat sunnah Tahajud. Kita sering mendengar anjuran shalat tahajud, khususnya di kala seseorang tertimpa suatu musibah atau persoalan hidup yang berat. Bukan tanpa alasan, shalat tahajud memang bisa  menjadi upaya mencari solusi masalah dalam hidup seorang hamba.

 

 

Shalat sunnah tahajud dalam Bahasa Arab disebut shalatun lail  atau qiyamul lail yang memiliki arti shalat malam. Untuk itu shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam Al Quran sendiri perintah shalat Tahajud ini misal dalam firman Allah Ta’ala,

 

(79). وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

 

Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra: 79)

 

 

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan shalat tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa shalat tahajud ke tempat yang terpuji.

 

 

Shalat tahajud termasuk qiyamul lail, yakni dilaksanakan ba’da/setelah sholat Isya hingga masuk waktu fajar. Namun waktu terbaik mengerjakannya adalah sepertiga akhir malam, yakni pukul 01.00 s/d menjelang waktu subuh yang diawali dengan tidur terlebih dulu kemudian diakhiri denga melaksanakan shalat Witir.

 

 

Lalu, jika shalat Witir dulu sebelum tidur kemudian shalat Tahajjud saat bangun tidur, boleh atau terlarang? Shalat Witir sendiri berapa rakaat yang dicontohkan oleh Rasulullah? Apakah shalat Tahajud harus 11 rakaat? Adakah doa khusus setelah shalat Tahajud?

 

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

930

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .