Canggung Merawat Mertua Yang Sakit, Ini Yang Harus Dilakukan Menantu

0
1192
Kita harus bersikap dan berbuat baik kepada mertua ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Ketika berumah tangga pada hakikatnya kita tak hanya menikahi pasangan namun juga ‘menikahi’ keluarga pasangan termasuk kedua orangtuanya. Apalagi dalam Agama Islam, kedudukan mertua sama dengan orangtua kita sendiri.

 

 

Oleh karena itu menjalin hubungan yang baik dengan mertua adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai menantu. Tak hanya silahturahmi yang terjaga, sebaiknya kita juga mampu menyayangi mertua seperti kita menyayangi kedua orangtua.

 

 

Orangtua dari suami atau istri kita adalah orangtua kita juga. Hal tersebut bersifat mutlak adanya. Selain itu kita juga harus memperlakukan mertua dengan baik karena berjasa telah melahirkan dan merawat pasangan kita hingga dewasa.

 

 

Berbuat baik kepada orangtua baik kepada orangtua kandung maupun mertua secara umum dapat kita simak perintah Allah Ta’ala dalam Al Quran,

 

(23). وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا………

 

“……dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” ( QS.Al-Isra : 23)

 

 

Demikian juga dalam hal panggilan kepada mertua yakni ‘ayah’ dan ‘ibu’ untuk menandakan bahwa begitu kedua keluarga menyatu dalam sebuah ikatan pernikahan maka orangtua dari pasangan adalah orangtua kita juga begitu pun sebaliknya.

 

 

Lalu bagaimana jika mertua sakit dan menantu harus merawatnya? ? Siapa yang berhak merawatnya, anak kandung atau menantunya? Bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi sikap canggung kepada mertua?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

830

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .