Puasa Syawal atau Qadha Ramadhan Dulu ? Ini Yang Harus Dipahami

0
1137
Wanita kadang, apakah keputihan membatalkan wudhu atau tidak ? ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Ramadhan telah berlalu dan saat ini kita sudah memasuki bulan Syawal. Pada bulan ini umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa selama 6 hari pada bulan Syawal. Puasa ini hukumnya sunnah dan memiliki banyak keutamaan.

 

 

Puasa Tathawu’ disebutkan bahwa dalil puasa Syawal berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ayub Al Anshari, Tsauban, dan Ibn Majah. Dari Abi Ayyub al-Anshari r. a. (diriwayatkan) … bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

 

Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa.” (HR Jama’ah ahli hadis selain dan an-Nasa’i).

 

 

Dalam hadits lain dari Tsauban, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam (diriwayatkan bahwa) beliau bersabda:

 

Barang siapa berpuasa Ramadan, maka pahala satu bulan Ramadan itu (dilipatkan sama) dengan puasa sepuluh bulan, dan berpuasa enam hari sesudah Idul Fitri [dilipatkan sepuluh menjadi enam puluh], maka semuanya (Ramadan dan enam hari bulan Syawal) adalah genap satu tahun.” (HR Ahmad).

 

Kemudian  dalam riwayat Ibnu Majah dinyatakan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadan dan enam hari sesudah Idul Fitri, maka itu sama pahalanya dengan puasa genap setahun. Dan barangsiapa melakukan satu kebaikan, maka ia akan memperoleh (pahala) sepuluh kali lipat.

 

Lalu bagaimana jika puasa Ramadhan kemarin kita mempunyai hutang puasa? Mana yang harus didahulukan, puasa Syawal dulu atau qodho Ramadhan terlebih dulu? Bolehkah niat puasa Syawal digabung dengan puasa qodho Ramadhan?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

890

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .