Amalan Sunnah Selama Ramadhan Agar Bermakna Lebih Baik

0
495
Saling memaafkan adalah salah satu ciri muslim ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Amalan membersamai selama bulan Ramadhan ada banyak dan harus dilakukan oleh semua muslim. Dengan amalan ini puasa Ramadhan akan berjalan dengan baik dan keimanan kita semua juga akan meningkat.

 

  1. Meningkatkan Ilmu

Selain doa menyambut puasa Ramadhan, kita juga harus melakukan amalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keimanan.

 

Salah satu jenis amalan yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan ilmu yang dimiliki khususnya yang berhubungan dengan Islam.

 

Untuk meningkatkan keilmuan ini, kita bisa dilakukan dengan beberapa cara.

 

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan mengikuti berbagai jenis tausiyah atau pun bisa dengan cara membaca buku agama.

 

Belajar langsung dari para kyai juga bisa dilakukan.

 

Intinya menambah ilmu khususnya ilmu Islam harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

 

Tidak harus ilmu-ilmu yang sifatnya sangat rumit seperti berbagai jenis kitab.

 

Tetapi, cukup ilmu-ilmu yang bersifat terapan dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Menjaga Lisan

Ada baiknya untuk selalu menjaga lisan yang dimiliki setiap harinya. Disadari atau tidak lisan yang diucapkan lebih tajam dari pisau. Jadi, lebih baik untuk selalu mengerti apa saja yang akan dikeluarkan dari mulut.

 

Apabila salah bicara ataupun melakukan hal-hal yang membuat seseorang menjadi terluka. Disarankan untuk segera meminta maaf.

 

Dengan melakukan itu, maka kita semua bisa menjaga lisan dengan sangat baik dan selalu digunakan untuk menyebarkan hal positif.

 

Ketika sedang puasa biasanya lisan harus dijaga dengan baik sehingga kita semua harus membiasakannya.

 

Percuma melakukan puasa jika nantinya lisan yang dimiliki tidak bisa dijaga bahkan dimanfaatkan untuk menyakiti banyak orang.

 

  1. Menjaga Hati

Selain lisan, kita semua juga harus menjaga hati agar tidak mudah iri dan dengki. Setiap orang memiliki nasib sendiri mulai dari mereka yang selalu hidup berkecukupan dan mereka yang hidup serba kekurangan.

 

Merasa iri mungkin sesuatu yang wajar. Tetapi, jika terus dilakukan bahkan melakukan hal-hal yang merugikan orang lain adalah sesuatu yang harus dicegah.

 

Dari pada iri kenapa kita semua tidak berusaha untuk mendapatkan keberkahan saja.

 

Karena apa yang dimiliki oleh seseorang tidak akan mencerminkan apa yang mereka rasakan.

 

Terkadang seseorang terlihat sangat bahagia tetapi dalam hatinya mereka justru tidak bahagia sama sekali.

 

Jadi, selalu ingat bahwa kebahagiaan tidak selalu berhubungan dengan materi.

 

  1. Meningkatkan Ibadah Wajib

Pastikan untuk selalu meningkatkan ibadah wajib yang dilakukan setiap harinya. Ibadah wajib yang harus dilakukan adalah ibadah seperti shalat. Ibadah ini harus dilakukan secara rutin paling tidak untuk shalat wajibnya.

 

Apabila ibadah wajib sudah bisa ditingkatkan, ketika bulan puasa tiba seseorang tidak akan merasa kesulitan untuk membagi waktu. Mereka sudah terbiasa dengan melakukan apapun dan selalu berusaha untuk meningkatkannya.

 

Membiasakan diri untuk meningkatkan ibadah wajib juga akan terbawa setelah bulan puasa selesai. Jadi, ibadah yang meningkat tidak hanya berhubungan dengan puasa saja tetapi akan terus berjalan sampai kapanpun.

  1. Perbanyak Ibadah Sunnah

Selalu perbanyak ibadah sunnah yang sebelumnya sudah dilakukan. Ibadah sunah ini sangat penting untuk menunjang ibadah wajib yang dilakukan oleh seseorang setiap harinya.

 

Jenis ibadah sunnah ada banyak mulai dari puasa hingga menjalankan beberapa salat. Ketika menjelang puasa tiba, ibadah seperti ini dijalankan. Saat puasa tiba, kita semua akan terbiasa sehingga tidak merasa canggung.

 

Bahkan, ibadah apapun yang dilakukan bisa berjalan secara maksimal. Itulah kenapa disarankan untuk selalu membiasakan berbagai jenis ibadah sunnah secara rutin. Intinya lakukan apapun yang bisa dilakukan dan tidak dalam kondisi terpaksa.

 

  1. Membantu Sesama

Terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan berusaha untuk membantu sesama. Membantu sesama sangat penting untuk dilakukan karena bisa meningkatkan keimanan seseorang. Apalagi di sekitar kita warga yang tidak mampu jumlahnya juga banyak.

 

Banyak orang mengira jika membantu sesama harus dilakukan ketika kita sudah mampu. Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama dan tidak selalu berhubungan dengan uang. Tenaga dan pikiran pun juga bisa dimanfaatkan untuk membantu sesama. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

901