Kedudukan Ilmu Dalam Islam, 5 Hal Ini Yang Harusnya Membuat Kita Semangat Belajar

0
665
Belajar tatap muka ditengah pandemi ( ilustrasi foto: arabnews)

PERCIKANIMAN.ID – – Ilmu adalah sumber pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam menapaki kehidupan di dunia ini maupun kelak di akhirat kelak. Dengan ilmu hal yang susah menjadi mudah, yang jauh menjadi dekat, yang gelap menjadi terang. Sebab semua aktivitas kita di dunia ini harus dengan ilmu.

 

Dalam haditsnya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

 

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

 

“Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntulah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan.”

 

Lalu seperti apa kedudukan ilmu dan orang yang punya ilmu dalam pandangan Islam sendiri? Dirampung dari berbagai sumber berikut ini penjelasannya:

 

1.Ilmu Adalah Cahaya

 

Allah Ta’ala berfirman:

 

قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

 

“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS.Al-Maidah 15- 16)

 

2.Ilmu Merupakan Tanda Kebaikan Seorang Hamba

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

من يُرِدْ الله بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ في الدِّينِ

 

Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang agamanya.” (Muttafaq Alaihi dari Muawiyah bin Abi Sufyan Radhiallahu anhuma)

 

  1. Ilmu Agama Menyelamatkan Dari Laknat Allah Azza Wajalla

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ ما فيها إلا ذِكْرُ اللَّهِ وما وَالَاهُ وَعَالِمٌ أو مُتَعَلِّمٌ

 

“Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan- amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.”

 

HR.Tirmidzi, Ibnu Majah. Dalam Shohihul Jami’ syaikh Albani mengatakan hadits ini hasan .

 

4.Menuntut Ilmu, Jalan Menuju Surga

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الجنة

 

Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim:2699)

 

5.Ilmu Lebih Utama Dari Ibadah

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ على الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ على سَائِرِ الْكَوَاكِبِ

 

Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan dimalam purnama dibanding seluruh bintang- bintang.” (HR.Abu Dawud (3641), Ibnu Majah (223), dari hadits Abu Darda’ Radhiyallahu Anhu)

 

Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. Semoga kita menjadi orang yang belajar dan pembelajar. Wallahu’alam .[ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

930