Hukum Membaca Alaihissalam Dalam Shalat Berjamaah, Apakah Ada Contoh Dari Rasul ?

0
1015
Shalat berjamaah (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID –  – Sebagian besar kaum muslimin sebenarnya sudah tahu bahwasannya shalat berjamaah khususnya di masjid mempunyai keutamaan yang tinggi dan nilai pahala yang lebih besar dibanding shalat sendirian di rumah. Banyak sekali pahala yang bisa kita dapatkan dengan melakukan sholat berjamaah ini.

 

Namun meski tahu pahalanya sangat besar dan banyak keutamaannya, tetapi sebagian kaum muslimin juga masih enggan untuk shalat berjamaah di masjid, dengan berbagai alasan. Padahal sebagian ulama berpendapat bahwa shalat berjamaah lima waktu ( shalat wajib) di masjid bagi laki-laki yang telah baligh hukum wajib. Dalam Al Quran, Allah Ta’ala berfirman,

 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

 

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah [2]: 43)

 

Dalam menafsirkan ayat ini  para ulama berdalil dengan ayat ini tentang wajibnya shalat berjama’ah di masjid, misalnya Ibnu Katsir (lihat Tafsîr Ibnu Katsir, I/249). Namun sebagian ulama tidak sampai menghukumi shalat berjamaah itu hukum wajib.

 

Terkait wajib atau tidaknya shalat berjamaah di masjid khususnya dalam shalat wajib 5 waktu bagi kaum laki-laki, namun setidaknya pahala shalat berjamaah di masjid hingga 27 derajat hendaknya mampu memotivasi.

 

 

Hal ini sesuai dengan penjelasan hadits, dari Uma ra, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sholat berjamaah lebih afdhal daripada sholat sendirian sebanyak 27 kali lipat.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

Lalu bagaimana hukumnya jamaah yang mengucapkan “alaihissalam” dan “Musa Kalamullah” setelah imam membaca ayat Al-A’la yaitu tepatnya pada akhir setelah imam membaca “shuhufi Ibroohiima wa Muusaa” ?. Apakah ada contoh dari Rasul? Apakah hal ini membatalkan shalat ?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

901

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .