Waktu Paling Utama Shalat Witir, Sebelum Tidur atau Setelah Tahajjud?

0
1248
Seorang muslimah sedang shalat ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Hukum shalat witir sendir adalah sunnah muakkad  yakni shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Oleh karenanya sudah sepatutnya setiap muslim menjaga shalat witir ini. Sedangkan orang yang kadang-kadang saja mengerjakannya (suatu hari mengerjakannya dan di hari lain meninggalkannya), ia tidak berdosa.  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

 

“Sesungguhnya Allah Ta’ala telah menambah untuk kalian satu shalat maka jagalah shalat tersebut. shalat itu ialah Witir.” (HR. Ahmad)

 

Dalam beberapa penjelasan para ulama shalat witir sendiri mempunya banyak keutamaan. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, misalnya

 

  1. Shalatnya disaksikan malaikat

 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya adalah:

 

 

Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam. Hendaklah ia melakukan Witir di awal malam. dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam Hendaklah ia Witir di akhir enam karena shalat di akhir malam disaksikan oleh para malaikat dan hal itu adalah lebih afdhal dan utama.” (HR. Muslim)

 

  1. Shalat witir sebagai penyempurna shalat malam

 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda

 

Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat witir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

 

Dan tentunya masih ada beberapa keutamaan lainnya terkait dengan shalat witir ini yang perlu kita ketahui yang bisa menambah motivasi dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

 

 

Lalu kapan shalat witir itu dilaksanakan? Mana yang lebih utama, shalat witir sebelum tidur atau setelah tahajjud? Bagaimana jika kita belum shalat witir tetapi sudah masuk waktu Subuh? Apakah bisa diganti pada siang harinya?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

907

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .