Istri Selalu Minta Cerai Saat Bertengkar, Ini Yang Harus Dilakukan Suami

0
939
Istri marah ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – –  Kehidupan rumah tangga tentunya tidak akan bisa lepas dari masalah baik yang sederhana, ringan, sepele sampai yang berat dan rumit. Boleh dipastikan bahwa setiap pasangan suami istri mempunya masalah atau problema dalam rumah tangganya. Namun yang membedakan adalah cara menghadapi dan cara mencari solusi atas masalah tersebut.

 

 

Ada beberapa masalah rumah tangga yang sering menerpa pasangan suami istri. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah rumah tangga. Terutama faktor yang berasal dari diri suami maupun istri dan internal keluarga itu sendiri. Masalah rumah tangga itu misalnya yang umum terkait keuangan, pengasuhan anak hingga siap egois.

 

 

Hendaknya suami istri paham dan menyadari bahwa pada hakekatnya masalah dalam rumah tangga adalah bagian dari ujian Allah Ta’ala secara umum. Sebab Allah sendiri sudah tegaskan dalam firman-Nya,

 

 

(155) وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

 

“Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,” ( QS. Al-Baqarah [2]: 155)

 

 

Dalam ayat tersebut sangat jelas salah satu cara menghadapi masalah yang merupakan bagian dari ujian Allah Ta’ala dengan bersabar, berdoa dan ikhtiar yang lurus. Namun dalam kenyataan acap kali persoalan dan masalah rumah tangga itu diselingi dengan pertengkaran antara suami dan istri, dari yang ringan hingga pertengkaran berat dan fatal.

 

 

Pertengkaran dalam rumah tangga sringkali terjadi karena kedua belah pihak, suami dan istri sama-sama bertahan dengan egonya. Masing-masing tidak mau mengalah, tidak mau memahami cara berpikir pasangannya, atau berpikir bahwa pasangannya harus berpikir seperti dirinya.

 

 

Secara psikologis, seorang istri atau perempuan itu cenderung mengungkapkan pikiran, perasaan dan reaksinya dengan beragam nada emosional. Istria tau perempuan lebih cerewet dan banyak kata dibanding suami. Sedangkan suami sebagai laki-laki lebih berpikir untuk segera menyelesaikan masalah, mengekspresikan solusi dengan sikap datar dan menjaga jarak. Perbedaan karakter inilah yang apabila tidak dipahami dengan baik oleh masing-masing akan membuat suatu pertengkaran menjadi berkembang ke mana-mana.

 

 

Lalu bagaimana cara menyelesaikan masalah rumah tangga tanpa pertengkaran? Apakah seorang istri harus selalu mengalah? Berdosakah jika istri selalu meminta pisah (cerai) ketika bertengkar dengan suami? Boleh minta bantuan keluarga untuk mencarai solusinya?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

832

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .