Tips Agar Anak Kreatif, Ayah Bunda Lakukan 3 Sederhana Ini

0
570

PERCIKANIMAN.ID  – – Mempunyai anak yang kreatif merupakan dambaan setiap orangtua. Anak yang kreatif itu artinya ia memiliki dan mampu mengungkapkan idenya dalam bentuk karya dan aktivif.

 

Anak-anak yang kreatif akan selalu mencari tahu sesuatu yang baru yang belum ia temukan. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yaitu anak-anak yang kretaif dengan mudah menghasilkan solusi yang layak dengan menerapkan pengetahuan dan imajinasi dalam situasi tertentu.

 

 

Namun tidak semua anak dapat menuangkan ide dan keinginannya dalam bentuk kreativitas. Ada Sebagian anak yang perlu dipancing atau dipandu oleh Ayah Bundanya agar muncul kreativitas tersebut.

 

 

Untuk itu Ayah Bunda perlu memancing anak agar mempunyai kreativitas dan keinginan yang terarah. Berikut ini hal-hal yang bisa Ayah Bunda lakukan terhadap buah hati :

 

 

  1. Ayah Perlu Meluangkan Waktu Bersama Anak

Semakin anak mempunyai waktu yang banyak bersama ayahnya maka anak akan semakin tumbuh dan muncul daya kreativitasnya. Sebab, main bersama ayah itu selalu ada permainan baru yang menyenangkan dan penuh tantangan buat anak.  Dengan demikian daya kreativitas anak pun akan tumbuh dan terasah.

 

  1. Bermain Seni Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

Orangtua khususnya Ayah jangan gampang memarahi anak ketika ia membuat coretan di dinding atau di pagar. Demikian juga dibarang-barang lainnya.  Jika itu tidak membahayakan maka perlu dibiarkan sejenak sambil diamati dan ditanyakan ia sedang menggambar atau melukis apa.

 

Hal ini demikian untuk melatih panca inderanya. Yang perlu Ayah Bunda lakukan adalah mendampingi dan mengarahkannya. Jangan langsung dimarahi ya Bun.

 

  1. Kurangi Waktu Bersama TV dan Gadget

 

Bagaimana anak membangun kreativitas jika hanya menonton pasif saja. Ingat Ayah Bunda tidak semua tanyangan TV dan Gadget mengandung pendidikan, Sebagian malah merusak karakter dan kreativitas anak.

 

Untuk itu jauhkan dulu TV dan Gadget dari hadapan anak-anak. Jika ia boring maka lakukan kegiatan di luar rumah, membuat taman, kendang ayah atau kelinci dan permainan lainnya. Selamat mencoba ! [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

830