Khutbah Jum’at : Antisipasi 6 Kondisi Abnormal Dalam Hidup

0
696
MasjidMegah ( ilustrasi foro: pixabay )

Oleh: KH.Drs. Abdurrahman Rasna,MA*

 

الحمد لله الذي اَنعَم عَلينَا بنعمة بِالاِيْمَانِ والاِسلَام،

وهَدَانَا بِهِدَايَةِ القُرْآنِ، وَفَضَّلَنَا على سَائِر الامَم بافضل نبينا محمد صلى الله عليه وسلم،

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وحده لا شريك له الملك المنان، وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه سيد الرسل والخلق والعجم،

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ وبارك عَلى سيّدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى اخر الزمان،

اما بعد :

فيَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

 

معاشر المسلمين رحمكم الله

 

Puji dan syukur kita pantas dipanjatkan kehadirat Allah Ta’ala karena karunia nikmatNya yang tiada terhingga telah dan akan terus diberikan kepada kita.

 

 

Nikmat iman, nikmat hidup menjalankan syariat Islam, nikmat berjamaah di masjid, nikmat selalu dibimbing hidayah-Nya sehingga kita mendapatkan tuntunan firman-Nya dalam al Qur’anul karim, nikmat berkeluarga yang shaleh dan shalehah serta nikmat hidup bersama komunitas yang marhamah dan saling mencintai, juga nikmat dipertemukan dan belajar bersama orang-orang alim yang menunjuki kebaikan, kebenaran dan keikhlasan kepada kita.

 

 

Sebagai ummat yang berharap selalu mandapat syafaat Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, sepantasnya kita bershalawat untuk baginda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam juga salam sejahtera untuk keluarganya, para sahabatnya dan seluruh ummat yang mengikuti sunnahnya.

 

 

Marilah kita berusaha semaksimal mungkin bertakwa dengan sebenar-benarnya takwa, agar nanti kita meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan  tetap istiqamah dalam Islam.

 

معاشر المسلمين رحمكم الله

 

 

Di dalam satu  hadits baginda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. bersabda:

 

سِتَّةُ أَشْيَاءَ هُنَّ غَرِيْبَةٌ فِيْ سِتَّةِ مَوَاضِعَ: اَلْمَسْجِدُ غَرِيْبٌ فِيْمَا بَيْنَ قَوْمٍ لَا يُصَلُّوْنَ فِيْهِ، وَالْمُصْحَفُ غَرِيْبٌ فِيْ مَنْزِلِ قَوْمٍ لَا يَقْرَؤُوْنَ فِيْهِ، وَالْقُرْآنُ غَرِيْبٌ فِيْ جَوْفِ الْفَاسِقِ ، وَالرَّجُلُ الْمُسْلِمُ غَرِيْبٌ فِيْ بَيْتِ امْرَأَةٍ رَدِيْئَةٍ سَيِّئَةِ الْخُلُقِ، وَالْمَرْأَةُ الْمُسْلِمَةُ الصَّالِحَةُ غَرِيْبَةٌ فِيْ بَيْتِ رَجُلٍ ظَالِمٍ سَيِّئِ الْخُلُقِ، وَالْعَالِمُ غَرِيْبٌ بَيْنِ قَوْمٍ لَا يَسْتَمِعُوْنَ إِلَيْهِ

 

Ada enam perkara yang dianggap abnormal (aneh) ketika ada di enam tempat.

 

Pertama, masjid itu tampak aneh/asing ketika berada di tengah-tengah kaum yang tidak shalat di dalam masjid tersebut.

 

Banyak orang yang susah payah mendirikan masjid, tapi ketika sudah berdiri tidak ada jamaah yang shalat di sana.

 

Padahal masjid itu rumah Allah, mestinya sudah ramai sejak Subuh, Zhuhur, Asar, Maghrib dan Isya’. Tetapi yang ramai justru rumah ngopi (kafe), rumah pejabat, rumah partai, dan sebagainya.

 

Kedua, Mushaf Al-Quran itu tampak aneh yang ada di rumah suatu kaum yang tidak membacanya.

 

Padahal Al-Qur’an ini adalah kalamullah, tetapi banyak yang menjadikannya hanya sebatas penghias rak. Maka, berbahagialah kalian yang setiap hari masih membaca Al-Qur’an. Jangan sampai prediksi Nabi :

 

سَيَأْتِيْ زَمَان عَلَى أُمَّتَيْ لَا يَبْقَى مِنَ الإِسْلَامِ إِلَّا اسْمُهُ وَلَا مِنَ القُرْآنِ إلَّا رَسْمُهُ

 

Suatu hari nanti yang tersisa dari Islam hanya Namanya saja dan Mushaf Qur’an saja.

 

Ketiga, Al-Quran akan aneh jika dihadapkan dengan orang fasik. Banyak orang menghafal Al-Qur’an hanya untuk sekedar bisa, banyak juga rumah-rumah Tahfidz tidak bersanad, sehingga dari situ banyak alumninya orang-orang yang merasa benar dengan hafalannya dan menentang kelompok lain, bahkan orang tuanya sendiri.

 

Ini tidak sesuai dengan yang semestinya, yaitu seharusnya penghafal Qur’an itu memiliki kesantunan yang tinggi.

 

Keempat, seorang laki-laki yang shaleh itu tampak aneh ketika berada di rumah seorang wanita yang buruk akhlaknya. Artinya, laki-laki ini berada dalam kekuasaan wanita yang tidak shalehah. Akhirnya keshalehan laki-laki itu hilang.

 

Kelima, seorang perempuan yang shalehah itu tampak aneh ketika berada di rumah seorang wanita yang buruk akhlaknya.

 

Mestinya, laki-laki itu menjadi imam yang membimbing makmumnya berdekat diri kepada Allah. Dan wanita shalehah mengokohkan keshalehan laki-laki yang mengimaninya.

 

Keenam, orang alim tampak aneh ketika berada di tengah-tengah masyarakat yang tidak mau mendengarkan nasehat orang alim tersebut.

 

Seorang alim layaknya panutan dalam satu komunitas, dan orang awam itu berusaha mengikuti nasehat seorang alim tersebut.

Entah kealimannya hilang itu karena kecintaannya pada dunia, atau karena hal lain. والله اعلم بالصواب

 

معاشر المسلمين رحمكم الله

 

Demikianlah enam hal yang harus kita waspadai dalam hidup ini. Semoga kita selamanya selalu dalam lindungan dan berkah Allah SWT. Aamiin.

 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ.

وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحكيم.

وتقبل مني ومنكم تلاوته انه هو السميع العليم.

 

Khutbah II

 

اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا بهدايته الى صراط مستقيم، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ،

أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام،

وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه،

اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين،

أَمَّا بَعْدُ:

فَيَاأيُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُم

وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ،

قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم،

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سيدنا اِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى اَلِ سيدنا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ

وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ يا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً

وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ الله! اِنَّ الله يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الْإِحْسَانِ وَ اِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَّكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا الله الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

 

 

*penulis adalah anggota Komisi Dakwah MUI Pusat dan anggota Bidang Dakwah PB Matlaul Anwar

 

5

Red: admin

Editor: iman

835