Kisah Mualaf: Hanafi Bersyukur Dapat Hidayah Di Akhir Tahun

0
645
Muhammad Hanafi ( tengah memegang Al Quran ) usai bersyahadat di Masjid Istiqomah Kota Bandung ( foto: istimewa)

PERCIKANIMAN.ID – – Hidayah Allah Ta’ala adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup seorang. Ia tak dapat diukur dengan apa pun di dunia ini baik nilai apalagi harganya, karenanya ia akan menentukan kebahagian di dunia hingga akhirat nantinya.

 

 

Datangnya hidayah pun hanya Allah Yang Maha Tahu kepada hamba-Nya yang dikehendaki-Nya. Untuk itu sungguh sangatlah beruntung bagi orang yang mendapatkannya dan merugilah dunia akhirat orang yang tidak mendapat hidayah.

 

 

Hal itu pula yang dirasakan Then Hanafi yang dipenghujung 2021 Allah Ta’ala karuniakan hidayah untuknya dengan menjadi mualaf.  Ia yang sebelumnya seorang penganut agama Budha, resmi menginggalkan keyakinan lamanya kemudian yakin dan teguh memeluh Islam sebagai tuntunan hidup disisa usianya.

 

 

Pria tinggi besar asal  Bekasi namun telah lama tinggal dan menetap  di Kota Bandung ini berikrar memeluk agama Islam dengan khusyu’ mengucapkan kalimat syahadat. Ikrar yang sangat “sakral” dan momen paling penting sepanjang hidupnya ini berlangsung  di Masjid Istiqomah,  Jl. Citarum Bandung, pada hari Rabu, 29 Desember 2021 pukul 10.00 WIB dengan disaksikan saudara muslimnya.

 

Prosesi ikrar dipimpin oleh Ketua Dewan Dawah Provinsi Jawa Barat Ustadz  KH. Muhammad Roinul Balad, S.Sos.I disaksikan oleh Ustadz. Suryawan. M.Pd, dari  Pengurus DKM Masjid Istiqomah , Ustadz. Tendi Kusmawan dari unsur Pengurus Dewan Dawah Jawa Barat serta para bapak dan ibu ibu jamaah majlis talim Khoirun Nisa.

 

Ustadz Roin menyampaikan Prosedur untuk masuk Islam tidak terlalu sulit, kelengkapan yang diperlukan salah satunya adalah  ikrar yang ditandatangani calon muallaf (Then Hanafi), serta pernyataan tidak akan menyalahgunakan sertifikat muallaf.

 

 

Prosesi dimulai dengan pembacaan ikrar oleh Then Hanafi dilanjutkan dengan membaca syahadat dan janji mualaf. Tak lupa secara simbolis ustadz Roin menyerahkan bingkisan berupa Al Quran dan seperangkat alat shalat.

 

 

Proses selanjutnya minta mualaf langsung belajar tatacara wudhu dan mandi besar serta tatacara sholat.  Dalam tausyiahnya Ustadz Roin  menasihati bahwa prosesnya tidak berhenti sampai disini saja, namun Then Hanafi akan mendapat bimbingan lanjutan sepekan sekali untuk lebih mempelajari tentang ajaran Islam lebih mendalam.

 

 

Pembinaan akidah dan ibadah sendiri dibimbing langsung oleh para Asatidz Dewan Dawah dan Asatidz masjid  Istiqomah , sehingga diharapkan Then Hanafi dapat mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari – hari. Diakhir acara prosesi syahadat Then Hanafi berganti nama menjadi Muhammad Hanafi. Ia nampak bahagia mendapat nama baru tersebut.

 

M.Hanafi ( kiri) bersama ustadz Roin (kanan) usai menerima surat keterangan mualaf (foto: istimewa)

Sebagai  informasi bahwa setidaknya dalam 5 bulan terakhir ini  sudah ada 3 orang yang masuk Islam (mualaf) yang di bimbing oleh Dewan Dawah Jawa Barat dan Dewan Dawah Cianjur. Mereka ini mendapat pembinaan dan bimbingan secara intensif dan terarah sehingga diharapkan para mualaf ini menjadi kokoh akidah dan ibadahnya serta kafah dalam menjalankan ajaran Islam.

 

 

Untuk itu bagi pembaca yang ingin turut berpartisipasi dan mendukung program pembinaan mualaf khususnya di wilayah Jawa Barat dapat menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekahnya mulalui rek BMI no  105.00123.82 an  Laznas Dewan Da’wah Jawa Barat

 

Kantor : Jl.Mohommad Thoha/ Pamager sari  no 79  Kota Bandung.

 

Call Center : 0821 2692 6551 / 0819 3133 2455 .

 

Doa dan dukungan serta partisipasi bapak ibu sekalian turut memperkokoh jalinan ukhuwah terhadap para mualaf. Semoga Allah Ta’ala senantiasa meridhoi mengalirkan amal jariyah. Aamiin. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

902