Benarkah Kutek Muslimah Tidak Menghalangi Air Wudhu? Begini Penjelasannya

0
979
Wudhu merupakan syarat sebelum mengerjakan shalat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Wudhu merupakan salah satu cara menyucikan diri dari hadats kecil. Wudhu juga menjadi salah satu syarat sahnya shalat sehingga dalam melakukan wudhu harus dikerjakan dengan baik dan benar sesuai contoh Nabi.

 

Sebab, jika wudhunya saja tidak sempurna maka bisa jadi shalat tidak sah atau tidak sempurna. Dalam hadits dari Ibnu Umar mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 

Allah tidak menerima shalat (yang dikerjakan) tanpa bersuci“. ( mutafaq alaih)

 

Terkait dengan bagian anggota wudhu yang harus terkena air sebagai dijelaskan dalam Al Quran,

 

..يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا

 

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah…” (QS. Al-Maa-idah: 6).

 

Itulah beberapa anggota badan atau tubuh yang wajib terkena air wudhu. Hal ini tentu tidak boleh diabaikan, sebab jika ada anggota badan yang tidak terkena air wudhu maka dipastikan wudhunya tidak sah atau tidak sempurna.

 

Lalu bagaimana hukum muslim yang memakai kutek atau cat kuku, boleh atau terlarang? Benarkah kutek muslimah tidak menghalangi wudhu? Bagaimana jika terlanjur memakai kutek?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

820

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .