Adakah Manusia Yang Tidak Akan Dihisab ? Ini Penjelasannya

0
1064
Timbangan sebagai simbol keadilan, kelak di Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) semua amal baik dan buruk akan dihitung dengan adil oleh Allah Swt ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Kelak ketika Kiamat terjadi maka semua makhluk hidup akan mati semua termasuk para malaikat. Berikutnya Allah Swt dengan segala kuasa-Nya akan menghidupkan dan menghimpun manusia di Padang Mahsyar yang kemudian akan menjalani atau menghadapi hari penghisaban (yaumul hisab) dimana semua amal akan diperhitungkan.

 

Yaumul hisab atau hari perhitungan amal adalah hari dimana Allah Swt memperlihatkan kepada hamba-hamba-Nya baik yang beriman maupun yang kafir tentang amal mereka. Hal ini seperti Allah Ta’ala tegaskan:

 

(25). إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ

(26). ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ

Sungguh, kepada Kami-lah mereka kembali. kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kami-lah membuat perhitungan atas mereka.” (QS. Al-Ghasyiyah: 25 – 26).

 

Pada hari itu tidak ada perkara yang luput dari balasan Allah Swt, tidak ada orang yang terdzalimi atas perbuatan orang lain semasa di dunia. Semua akan mendapatkan balasan yang seadil-adilnya dari Allah Swt.

 

Untuk itu hendaknya semasa kita masih diberikan kesempatan diatas dunia ini harus ingat akan hari akhir dengan senantiasa berbuat kebaikan dan amal shalih.serta jangan lupa untuk selalu berdoa seperti yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan dimana beliau sendiri sering berdoa di dengan mengucapkan:

 

اَللَّهُمَّ حَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيْرَا

 

Allohumma haasibni hisaaban yasiiro (Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah).”

 

Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bertanya tentang apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Allah memperlihatkan kitab (hamba)-Nya kemudian Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, niscaya ia akan binasa.” (Hadits diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi).

 

Lalu adakah manusia yang tidak akan dihisab oleh Allah Swt? Apakah anak yang mengalami downsyndrom akan dihisab amalnya? Siapa saja orang yang tidak akan dihisab Allah Swt kelak dihari perhitungan? 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

943

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .