Saat Suami Berbuat Zalim , Ini Yang Harus Dilakukan Istri

0
1563
Suami marah kepada istri ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu kewajiban seorang suami adalah ia harus berusaha membahagiakan istrinya. Namun dalam hal membahagian istri ini tidak hanya sekedar atau terkait dengan materi semata misalnya rumah,kendaraan,perhiasan dan kebendaan lahiriah lainnya. Melainkan membahagiakan istri juga yang bersifat batiniah.

 

Salah satu caranya adalah dengan bersenda gurau atau bercanda dengan istrinya dengan wajar dan tidak berlebihan atau melanggar syariat. Misalnya suami menampakkan wajah ceria di hadapan istri tercinta. Jangan malah pasang wajah-wajah masam di depan istri, seolah-olah istri adalah musuh atau sumber masalah suami.

 

Suami yang tidak punya rasa humor dan terlalu kaku sulit rasanya untuk bisa membahagian istrinya. Karena ia tidak tahu cara bagaimana membahagiakan istrinya.

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah contoh terbaik untuk diteladani para suami. Beliau meskipun sibuk mengurusi kepentingan umat, kala di dalam rumah bersama istri beliau tampil sebagai sosok yang romantis dan sangat lemah lembut terhadap istrinya.

 

Bahkan beliau menyempatkan waktu bercanda bersama istri, tentu dengan candaan yang tetap penuh adab, kesopanan dan keluhuran akhlak. Sebuah hadits hasan yang diriwayatkan oleh Thabrani menyebutkan bahwa Rasulullah adalah orang yang paling banyak bergurau bersama istri-istrinya.

 

“Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling banyak bergurau bersama istri-istrinya.” (HR.Thabrani)

 

Artinya, kala di rumah, Rasulullah Saw tidak sibuk dengan urusan apa pun selain membahagiakan istrinya. Bercanda atau bergurau adalah satu cara ampuh yang digunakan Rasul untuk membahagiakan dan menenangkan hati istrinya.

 

Lalu bagaimana jika suami tidak bisa membahagian istrinya? Bagaimana hukumnya jika suami berbuat dzalim kepada istri? Apakah yang harus dilakukan istri jika suami berbuat dzalim? Perlukah meminta orang lain untuk menasihati suami agar tidak berbuat dzalim?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

901

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .